Press Release

LinkAja Hadirkan Layanan Business Solution, Wujudkan Digitalisasi Ekosistem Bisnis UMKM dan Korporasi

Icon Calendar LinkAja17 Des 2021

Image Artikel LinkAja Hadirkan Layanan Business Solution, Wujudkan Digitalisasi Ekosistem Bisnis UMKM dan Korporasi LinkAja
Sumber foto: doc. LinkAja

LinkAja, sebagai layanan keuangan digital nasional  terkemuka dengan ekosistem yang lengkap hadir untuk menjawab tantangan dalam  mengakselerasi tingkat penggunaan layanan pembayaran digital serta meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan Layanan Business Solution pada 16 Desember 2021. Dengan hadirnya layanan yang sudah diadopsi oleh ratusan perusahaan di  seluruh Indonesia, LinkAja mendukung transformasi layanan keuangan digital yang menyeluruh bagi pelaku usaha dan korporasi di berbagai industri.

 

“Kami senantiasa mengikuti laju perkembangan dengan menghadirkan solusi digital  yang relevan dengan kebutuhan mitra bisnis dan korporasi. Kami percaya bahwa untuk  dapat mencapai inklusi keuangan yang menyeluruh, perlu adanya pendekatan untuk  menghadirkan layanan keuangan yang memadai termasuk dengan menghadirkan  pendekatan pada tatanan korporasi. Secara komprehensif kami telah mengakselerasi  digitalisasi ekosistem UMKM dan korporasi mitra Layanan Bisnis kami,“ jelas  Widjayanto, Direktur Operasi PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja).

 

Fitur Layanan Business Solution LinkAja dapat mendigitalisasi ekosistem keuangan  yang menyeluruh dalam tatanan bisnis korporasi hingga kepada pengguna jasa layanan  (end-consumer). Memahami tantangan yang dihadapi bisnis UMKM dan korporasi,  Layanan Business Solution LinkAja memberikan beragam solusi melalui fitur:  Penyaluran Dana (Cash Disbursement), Pengumpulan Kas (Cash Collection),  Digitalisasi Pembayaran (melalui QRIS, aplikasi merchant dan lainnya), Digitalisasi  Ekosistem dan Layanan Advertising.  

 

“Layanan Business Solution LinkAja turut memperkuat layanan keuangan digital dalam  bisnis dan korporasi seperti Penjualan Product Digital, dan Digital Lending. Business  Solution LinkAja dapat memfasilitasi mitra korporasi dan UMKM dengan layanan yang  real time, efisien, aman dan fleksibel. Pertumbuhan pengguna Layanan Business  Solution LinkAja di tahun 2021 meningkat lebih dari 70% dibandingkan tahun 2020. Dari sisi teknologi, LinkAja memiliki prinsip untuk bisa menghadirkan rangkaian  produk teknologi yang dapat membangun ekosistem,” papar Widjayanto. 

 

Sekitar 200 mitra dari korporasi besar di Indonesia telah mengadopsi layanan Business  Solution LinkAja untuk mendigitalisasikan ekosistem korporasi mereka, seperti  Pertamina, Bank Mandiri, Bank BRI, Telkomsel, Sampoerna Retail Community (SRC),  BlueBird, dan lainnya. Di tahun 2021, LinkAja melihat kenaikan performa dari berbagai  mitra kerja sama yang telah mengadopsi layanan solusi bisnis LinkAja. Industri  transportasi BlueBird menjadi salah satu industri yang telah berkolaborasi dengan  LinkAja untuk berbagai lini bisnisnya sejak tahun 2020. 

 

Mediko Azwar, Direktur Marketing PT Blue Bird Tbk menjelaskan “LinkAja  mendukung implementasi digitalisasi serta literasi digital keluarga besar Blue Bird Group. Inovasi layanan Business Solution LinkAja, secara signifikan telah  meningkatkan performa bisnis dengan proses penyaluran dana operasional yang lebih  aman dan efisien. Dengan hadirnya LinkAja di dalam ekosistem BlueBird, kini pengemudi BlueBird telah terdigitalisasi dan menjadi pengguna rutin uang elektronik”.

 

Layanan LinkAja juga menjadi pilihan untuk metode pembayaran di aplikasi My  BlueBird dan digunakan untuk transaksi sehari-hari para pengemudi untuk pembelian  pulsa, bahan bakar, e-toll dan lainnya. LinkAja telah mengedukasi dan mendigitalisasi  ekosistem lebih dari 40 lokasi pool BlueBird. Layanan Business Solution LinkAja telah menciptakan Volume Disbursement meningkat lebih dari 800%, Transaksi Disbursement  meningkat lebih dari 700% dan Active User pengemudi tumbuh hingga lebih dari 3 kali  lipat di ekosistem BlueBird. 

 

Layanan Business Solution LinkAja juga telah diadopsi oleh mitra jaringan retail (toko  kelontong) besar, SRC sejak Februari 2021 dan telah merangkul hingga lebih dari  20.000 mitra SRC di seluruh Indonesia. Hingga saat ini kolaborasi Business Solution LinkAja dengan SRC telah meningkatkan secara signifikan jumlah dalam hal digitalisasi  ekosistem keuangan SRC, dengan Volume Cashless tumbuh lebih dari 60% per bulan  dan Cashless Transaction di SRC tumbuh diatas 70% per bulan.  

 

“Kolaborasi kami dengan Layanan Business Solution LinkAja telah mengakselerasi  transformasi digital jaringan mitra retail kami secara signifikan. Digital payment dengan  QRIS, yang merupakan program dari Bank Indonesia menjadi layanan terpenting dari  LinkAja untuk mendukung digitalisasi UMKM, terutama para pemiliki toko kelontong  SRC. LinkAja berhasil meningkatkan produktivitas bisnis mitra SRC dengan transaksi  yang menjadi lebih cepat dan program-program yang menguntungkan.” jelas Rima  Tanago, Direktur PT SRC Indonesia Sembilan. 

 

Tidak hanya berfokus dalam menghadirkan layanan yang menjadi solusi bagi korporasi  besar, LinkAja akan terus mengambil langkah strategis secara komprehensif untuk  mendigitalisasi dan mendorong kemajuan bisnis UMKM hingga ke pelosok negeri.  Sebagai layanan keuangan digital, LinkAja memiliki peran signifikan untuk  mewujudkan kolaborasi strategis yang mampu mempercepat laju digitalisasi UMKM. Pada tahun 2021, LinkAja telah berhasil men-digitalisasi transaksi serta menyalurkan permodalan kepada lebih dari 400 ribu UMKM di ekosistem pemegang saham dan mitra strategis. 

 

LinkAja juga telah bekerja sama dengan Pemerintah, baik Pemerintah Kota maupun Pemerintah Provinsi, kolaborasi dengan Bank Indonesia untuk sosialisasi penggunaan  QRIS yang hingga bulan November 2021, penggunaan QRIS LinkAja telah mencapai  lebih dari 1,3 juta merchant, dan sudah digunakan di lebih dari 500 kota dan kabupaten  seluruh Indonesia serta melakukan edukasi tentang manfaat transaksi digital dan  pelatihan untuk meningkatkan skala UMKM. Dengan Layanan Business Solution,  LinkAja turut memberikan kesempatan bagi UMKM untuk mendapatkan modal  tambahan untuk memperbesar skala bisnis melalui layanan pinjaman digital yang  terintegrasi dalam Digital Lending LinkAja.

 

Melihat terbentuknya rutinitas dan kebiasaan pengguna LinkAja dalam penggunaan  uang elektronik di berbagai kota di Indonesia, dan potensi-potensi yang dapat  dieksplorasi dari kolaborasi strategis, LinkAja semakin optimis untuk melangkah maju mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia. 

 

 

Simak informasi lebih jauh tentang layanan Business Solution LinkAja di laman ini.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya