Press Release

LinkAja Digitalisasi Pembayaran Iuran BPJS Wujudkan Kemudahan Akses Bagi Masyarakat Indonesia

Icon Calendar LinkAja5 Des 2022

Image Artikel LinkAja Digitalisasi Pembayaran Iuran BPJS Wujudkan Kemudahan Akses Bagi Masyarakat Indonesia LinkAja
doc. LinkAja

Program BPJS yang merupakan program Pemerintah  dalam menyelenggarakan jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan bagi masyarakat Indonesia, pada dasarnya wajib diikuti oleh seluruh WNI. Keikutsertaan masyarakat atas Jaminan Kesehatan Nasional saat ini telah mencapai target yang ditetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran iuran BPJS. Berdasarkan hal ini, Link Aja yang merupakan penyedia jasa pembayaran berbasis dompet digital dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya), hadir sebagai solusi untuk mendigitalisasi pembayaran BPJS. Kehadiran LinkAja sebagai salah satu pilihan layanan keuangan digital ini merupakan bentuk konsistensi LinkAja dalam mendukung program Pemerintah yang juga merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen LinkAja dalam menyatukan berbagai potensi di Indonesia. 

Hingga saat ini, terdapat 241,7 juta peserta BPJS yang terdaftar secara resmi. Meskipun demikian, tercatat ada 55% dari total peserta BPJSKS belum membayar iuran secara rutin, dan setidaknya 67% peserta BPJS masih membayar iuran dengan cara konvensional, 17% membayar melalui bank, dan hanya 14,7% yang melakukan pembayaran secara digital. Data OJK mencatat, tingkat literasi keuangan masih relatif rendah di posisi 38,03%. Bahkan, indeks literasi digital masih 3,49%. Melihat keadaan digitalisasi yang masih belum merata tersebut, LinkAja berusaha untuk dapat menjangkau seluruh segmen masyarakat dengan menyediakan sistem pembayaran dompet digital yang memudahkan masyarakat serta menyediakan ekosistem pembayaran digital yang lengkap melalui aplikasinya.  

“LinkAja memahami kebutuhan literasi keuangan digital di era digitalisasi saat ini menjadi lebih dari sebuah pilihan, tapi menjadi kebutuhan semua pihak. Rendahnya edukasi dan informasi transaksi berbasis digital menjadi penyemangat bagi LinkAja untuk secara penuh mendukung proses digitalisasi nasional yang juga menjadi upaya pemerintah untuk memudahkan akses maupun transaksi di masyarakat. Hadirnya fitur pembayaran iuran BPJS Kesehatan dalam aplikasi LinkAja, menjadi langkah lanjut dalam mempermudah kebutuhan esensial masyarakat, digitalisasi pembayaran ini juga dilakukan untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia  yang merupakan bagian dari upaya kami menyatukan potensi Indonesia melalui sinergi ekosistem BUMN” jelas Yogi Rizkian Bahar, Direktur Utama LinkAja.

LinkAja Konsisten Mewujudkan Inklusi Keuangan di Indonesia

LinkAja telah mengedukasi masyarakat melalui rangkaian kerjasama dengan berbagai pihak untuk semakin meningkatkan penggunaan pembayaran berbasis digital. Sebelumnya, LinkAja telah sukses mengedukasi sejumlah mitra UMKM melalui QRIS Award yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Kalimantan Timur. LinkAja juga telah melakukan sinergi strategis untuk proses digitalisasi distribusi BBM subsidi tepat sasaran sebagai metode pembayaran non-tunai yang memudahkan masyarakat. Serta yang paling terbaru, dimana LinkAja ikut berpartisipasi dalam rangkaian side-event KTT G20 di Nusa Dua Bali, dengan menggelar kegiatan terkait edukasi, partnership, bersama representatif dari beberapa kementerian serta mitra strategis lainnya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, antara lain mengembangkan fitur paylater, mendigitalisasi pembayaran remunerasi,  mendigitalisasi sistem pembayaran di sektor pendidikan, mendigitalisasi proses pencairan pendanaan melalui aplikasi LinkAja , serta melakukan beragam talkshow dengan topik di seputar peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Untuk dapat melakukan pembayaran iuran melalui Aplikasi LinkAja (https://www.linkaja.id/cara-pake) masyarakat hanya perlu  mengunduh aplikasinya yang tersedia di App Store dan Play Store untuk kemudian melakukan langkah-langkah sebagai berikut:  

  • Mendaftarkan diri dengan mengisi data diri yang diperlukan sesuai petunjuk aplikasi LinkAja.
  • Jika sudah berhasil terdaftar, di halaman utama pilih menu \BPJS.
  • Pilih BPJS Kesehatan.
  • Kemudian input ID Pelanggan LinkAja dan nomor peserta BPJS Kesehatan Anda.
  • Bila nomor yang dimasukkan sudah benar, maka Anda bisa melihat data nama, nomor BPJS Kesehatan, biaya admin, jumlah tagihan, dan jumlah keseluruhan total pembayaran.
  • Lanjutnya transaksi hingga pembayaran iuran BPJS Kesehatan selesai. 

Cara pembayaran ini disosialisasikan kepada masyarakat secara bertahap dan komprehensif melalui kanal digital LinkAja. Dalam kanal digital tersebut, masyarakat dapat mengakses  informasi dan penjelasan lengkap mengenai BPJS, penjelasan detil mengenai dua pengelompokan kepesertaan BPJS (Jenis-Jenis BPJS dan Manfaatnya) - antara kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan kelompok masyarakat yang tergolong  Pekerja  Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Pekerja Mandiri  dan Bukan Pekerja (BP), mengenai iuran BPJS dan mengenai cara menghitung iuran BPJS itu sendiri.   

Diharapkan melalui sosialisasi tersebut, masyarakat dapat memahami mekanisme pembayaran iuran BPJS melalui aplikasi LinkAja lebih mudah dan cepat, serta dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun bahkan tanpa perlu keluar rumah.  Masyarakat pun tidak perlu khawatir karena pembayaran BPJS Kesehatan melalui aplikasi LinkAja  bebas dari biaya tambahan. Selain itu, melalui aplikasi  masyarakat juga dapat mengecek tagihan atau iuran BPJS Kesehatan mereka. Saat ini pun LinkAja memberikan promo untuk setiap pembayaran iuran BPJS Kesehatan yang berlaku untuk para pengguna existing. Segala kemudahan ini diharapkan akan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk melakukan pembayaran iuran BPJS secara digital, yang pada akhirnya akan meningkatkan literasi digital  di kalangan masyarakat demi mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia.

Melalui ekosistem layanan transaksi keuangan elektronik yang terintegrasi lengkap, konsistensi dan komitmen LinkAja dalam upayanya untuk #SatukanPotensiIndonesia semakin terealisasi. Dengan mengoptimalkan seluruh layanan yang diunggulkan oleh setiap BUMN yang merupakan pemegang sahamnya, LinkAja optimis dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital yang aman dan nyaman, serta semakin mempercepat proses inklusi keuangan yang merata di Indonesia.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya