Press Release

Kolaborasi Kartu Prakerja dan LinkAja Dorong Kompetensi Generasi Muda di Kalimantan Barat

Icon Calendar LinkAja1 Sep 2022

Image Artikel Kolaborasi Kartu Prakerja dan LinkAja Dorong Kompetensi Generasi Muda di Kalimantan Barat LinkAja
doc. LinkAja

Acara Temu Alumni dan Sosialisasi Kartu Prakerja pada 1 September 2022 kemarin menghadirkan lebih dari 100 alumni dari tujuh kabupaten dan kota di Kalbar yakni Kota Pontianak, Kabupaten Sintang, Sanggau, Sekadau, Kapuas Hulu, Melawi, dan Ketapang.

Sejak Gelombang I dibuka pada April 2020, Program Kartu Prakerja sebanyak 288.200 peserta di Kalimantan Barat menerima manfaat program dengan total insentif Rp667.5 miliar.

“Pencapaian ini menunjukkan sinyal kuat bahwa Pemerintah lewat Program Kartu Prakerja hadir dan berdampak positif bagi masyarakat di berbagai lapisan, termasuk daerah tertinggal dan pedalaman,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Manto Saidi, menyatakan Program Kartu Prakerja sangat membantu masyarakat Kalbar untuk peningkatan ekonomi bagi yang terdampak PHK, peningkatan kompetensi dan produktivitas bagi pekerja dan pencari kerja, serta sebagai modal untuk yang berwirausaha.

“Di samping itu, Program Kartu Prakerja berkontribusi meningkatkan ketahanan pangan, ketahanan finansial, dan inklusi keuangan para penerima secara signifikan,” ungkapnya. Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Sintang Melkianus menegaskan dukungan Pemkab Sintang pada program ini, karena melalui Prakerja masyarakat bisa mengikuti pelatihan secara daring dan terbantu ekonominya. “Energi positif penerima Kartu Prakerja menginspirasi masyarakat untuk pantang menyerah dan terus berusaha mewujudkan mimpi-mimpi kita semua,” katanya.

Sesuai tujuan utama program Kartu Prakerja, kegiatan ini diharapkan mampu meratakan pengembangan kompetensi, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta pengembangan kewirausahaan.

“Sejalan dengan semangat hari kemerdekaan ke-77: Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat, LinkAja terus berkomitmen untuk mendorong inklusi keuangan. Ajang temu alumni Prakerja di Kalbar ini diharapkan dapat meningkatkan lebih banyak lagi partisipasi peserta di luar Pulau Jawa,” kata Direktur Marketing LinkAja Muhammad Rendi Nugraha.

Dalam acara Temu Alumni dan Sosialisasi Kartu Prakerja, seluruh peserta akan mendapatkan berbagai macam pelatihan dan sosialisasi program yang salah satunya bertujuan untuk mengedukasi transaksi keuangan digital. Edukasi penggunaan QRIS juga menjadi fokus penting demi melancarkan program Bank Indonesia dalam pemerataan cara bertransaksi yang inklusif. Program Kartu Prakerja yang pertama kali diimplementasikan pada awal pandemi dan didukung oleh platform digital dapat diadopsi dengan baik oleh masyarakat. Dengan digitalisasi, mekanisme penyaluran uang peserta Kartu Prakerja menjadi lebih mudah, cepat dan tepat sasaran karena dana dapat langsung diterima oleh masing-masing peserta melalui rekening e-wallet atau bank yang telah dipilih. Sesuai tujuan utama program Kartu Prakerja, kegiatan ini diharapkan mampu meratakan pengembangan kompetensi, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta pengembangan kewirausahaan.

Ledia Agustina yang merupakan alumni Prakerja di Sintang, merasa sangat terbantu atas penyaluran insentif Kartu Prakerja yang diterimanya melalui LinkAja, yang digunakan untuk pembayaran secara digital untuk beragam kebutuhan, seperti membeli pulsa & paket data, membayar listrik, belanja online, pembayaran melalui QRIS di Minimarket & toko hingga transfer. Wiraswasta yang berprofesi sebagai Make-up Artist ini juga mendapatkan pelatihan dan pengembangan kewirausahaan untuk memajukan usahanya.

 

Melalui ekosistem layanan transaksi keuangan elektronik yang terintegrasi lengkap, konsistensi dan komitmen LinkAja dalam upayanya untuk #SatukanPotensiIndonesia semakin terealisasi. Dengan mengoptimalkan seluruh layanan yang diunggulkan oleh setiap BUMN yang merupakan pemegang sahamnya, LinkAja optimis dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital yang aman dan nyaman, serta semakin mempercepat proses inklusi keuangan yang merata di Indonesia.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya