10 April 2020

Ketahui Kartu Prakerja Buat Siapa Saja!

Kamu harus ketahui Kartu Prakerja buat siapa saja! Kehadiran Kartu Prakerja ini menjadi salah satu jalan yang dihadirkan pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia).

Melihat tujuan pemerintah, maka Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Kehadiran program melalui produk digital berupa Kartu Prakerja ini adalah salah satu upaya untuk menanggulangi masalah pengangguran di Indonesia.

Semua warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar Kartu Prakerja. Sesungguhnya, perlu dipahami kalau belajar itu tidak mengenal usia. Akan tetapi, prioritas pemberian Kartu Prakerja ini tetaplah pada mereka pencari kerja yang berusia muda.

Langkah pertama seseorang dalam menapaki karirnya adalah bekal kemampuan yang mumpuni untuk bisa berkembang di dunia kerja.

Beberapa catatan penting mengenai Kartu Prakerja adalah, sbb:

  1. Kartu Prakerja bukan menggaji pengangguran
    Perlu dipahami kalau Kartu Prakerja bukanlah program yang ditujukan khusus untuk menggaji pengangguran. Akan tetapi, kartu ini merupakan program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja.

  2. Tidak perlu jadi pengangguran untuk dapat Kartu Prakerja
    Jangan salah pemahaman bahwa kamu harus menjadi pengangguran dahulu untuk dapat Kartu Prakerja. Sebab, karyawan dan korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) juga boleh mendaftar program Kartu prakerja.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai program Prakerja ini? Kamu bisa mengunjungi situs resmi prakerja.go.idBila ada dari kamu yang membaca tulisan ini dan ingin daftar program Kartu Prakerja, pastikan kamu sudah menginstal terlebih dahulu mitra resmi pembayaran Prakerja, aplikasi LinkAja. Sebab, dana insentif tidak akan diberikan secara tunai namun non-tunai ke aplikasi tersebut.

 

Semua Beres #PakeLinkAja

 

Bagikan artikel ini :