Info

Kartu Prakerja 2023 Kini Dibuka Setiap Dua Minggu Sekali

Icon Calendar LinkAja8 Jun 2023

Image Artikel Kartu Prakerja 2023 Kini Dibuka Setiap Dua Minggu Sekali LinkAja
doc. LinkAja

Sejak pertama kali diadakan, Program Kartu Prakerja telah menjadi salah satu program unggulan Pemerintah dan diminati oleh jutaan warga negara Indonesia pada setiap pembukaan gelombangnya. Melihat besarnya jumlah peminat ini, Pemerintah memutuskan untuk membuat pembukaan Gelombang Kartu Prakerja setiap dua minggu sekali sejak bulan Juni 2023 ini. 

“Dengan dibuka gelombang dan ditetapkan peserta setiap dua mingguan, para peserta yang belum lolos jadi tidak lupa untuk terus ikut gabung secara reguler. Hanya satu klik saja, sudah memastikan agar mereka ikut diperhitungkan dalam penetapan peserta pada gelombang berikutnya,” ungkap Denni Puspa Purbasari selaku Direktur Eksekutif Prakerja. Adapun pembukaan gelombang terjadwal ini akan dibuka setiap hari Jumat pada pukul 12.00 per dua minggunya. 

Berikut ini adalah cara mendaftar Kartu Prakerja yang perlu kamu ketahui. 

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Setelah membuat akun Kartu Prakerja dengan menggunakan email, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Persiapkan dokumen

Untuk pendaftaran persiapkanlah beberapa dokumen yang diperlukan untuk diunggah nantinya. Dokumen yang diperlukan adalah KTP dan foto diri, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Isi kolom KTP dengan nomor NIK dan kolom Kk (Kartu Keluarga) dengan nomor KK
  • Verifikasi NIK lalu klik “Berikutnya”
  • Unggah foto KTP dan foto diri bersama dengan KTP
  • Jika semua kolom sudah diisi, klik “Kirim”
  • Berikutnya akan muncul beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan.
  • Jawab semua pertanyaan tersebut dengan sejujurnya karena akan berhubungan dengan tema pelatihan yang akan didapatkan.

2. Lakukan tes motivasi dasar

Setelah pendaftaran awal, selanjutnya adalah melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar yang dilakukan secara online. Jika sudah melewati tesnya, selanjutnya akan diminta memiliki seleksi batch untuk menyesuaikan kebutuhan dan domisili masing-masing peserta.

Pastikan semua data dan tes sudah dikirimkan dengan benar agar pendaftaran bisa dilanjutkan. Setelah semuanya selesai proses evaluasi akan segera dilakukan oleh tim Kartu Prakerja dan hasil tes akan diumumkan di website Kartu Prakerja.

Cara Upgrade Full Service Akun LinkAja untuk Menerima Dana Insentif Kartu Prakerja

LinkAja merupakan salah satu mitra resmi pembayaran bantuan dana insentif untuk program Kartu Prakerja yang dikeluarkan pemerintah. Kemudahan transaksi di LinkAja, memungkinkan kamu melakukan banyak transaksi keuangan kapan saja dan di mana saja seperti pembelian pulsa dan data, pembayaran tagihan dan asuransi hingga transfer dan kirim uang cepat dan mudah ke semua bank. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tarik tunai dana insentif Prakerja ini di jaringan ATM Himbara (BNI, Mandiri, BRI, Bank BTN) dengan sangat mudah.

Untuk bisa menggunakan LinkAja sebagai tempat penyaluran dana insentif, para pengguna perlu meng-upgrade akun LinkAja-nya menjadi Full Service. Berikut adalah langkah-langkah melakukan Upgrade Akun LinkAja Full Service sebelum melakukan sambung rekening akun Kartu Prakerja:

1. Pilih menu “Akun” pada aplikasi LinkAja, klik pada “Tipe Akun” dan pilih “Upgrade Sekarang.”

2. Foto e-KTP dan pastikan e-KTP terlihat jelas dan memenuhi area yang tersedia, kemudian upload foto. 

3. Klik “Foto Wajah” dan ikuti verifikasi wajah sesuai instruksi, kemudian klik “Gunakan Foto”.

4. Klik “Data Diri”, kemudian lengkapi data diri dan klik “Simpan”.

5. Klik “Data Alamat”, kemudian lengkapi data alamat sesuai alamat yang tertera di e-KTP dan klik “Simpan”.

6. Pastikan seluruh kolom sudah bercentang hijau, kemudian ajukan dokumen dan tunggu sampai proses verifikasi data selesai.

7. Tunggu notifikasi mengenai status terbaru untuk pengajuan Full Service.

8. Proses pengecekan bisa dilihat statusnya pada menu “Akun” aplikasi LinkAja.

Setelah proses ini selesai akun LinkAja akan berubah menjadi Full Service dan dapat langsung disambungkan sebagai e-wallet penerima insentif Kartu Prakerja.

Proses upgrade full service ini bisa selesai dengan beberapa syarat, seperti validasi data diri dengan kartu identitas yang benar, swafoto dan foto KTP yang jelas (informasi di dalamnya terbaca dengan baik), dan data tervalidasi benar oleh pihak LinkAja. 

Cara Sambung LinkAja ke Kartu Prakerja

Setelah berhasil meng-upgrade menjadi layanan Full Service, sekarang saatnya menyambungkan rekening LinkAja ke dalam Kartu Prakerja. Berikut adalah caranya:

1. Kunjungi halaman dashboard peserta Kartu Prakerja

Kunjungi situs https://www.prakerja.go.id/ dan masuk ke halaman dashboard. Saat belum melakukan sambung rekening akan terlihat informasi “Belum Tersambung” pada kolom “Rekening” yang tersedia di halaman utama akun. Pada kolom yang sama dapat terlihat pilihan “Sambungkan Rekening” untuk mulai menyambungkan rekening atau e-wallet yang akan dipilih.

2. Pilih e-wallet atau rekening

Setelah memilih menyambungkan rekening akan muncul pilihan rekening bank atau e-wallet sebagai tempat penyaluran dana insentif Kartu Prakerja. Pada bagian e-wallet terdapat pilihan LinkAja yang dapat dipilih dengan menekan tombol “Sambungkan.”

3. Verifikasi nomor telepon

Untuk menyambungkan e-wallet, pastikan akun LinkAja telah aktif dan statusnya telah ter-upgrade menjadi Full Service. Jika telah menjadi akun Full Service, akun LinkAja kamu pun bisa digunakan secara maksimal untuk menerima insentif Kartu Prakerja.

4. Verifikasi PIN dan Kode OTP

Pada langkah ini data peserta akan diverifikasi dengan memasukkan PIN LinkAja serta kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP untuk bisa melanjutkan proses menyambungkan e-wallet. Jaga kerahasiaan PIN LinkAja dan kode OTP yang dikirimkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan nomor HP yang digunakan di Kartu Prakerja dan LinkAja sama agar proses sambung e-wallet bisa berjalan.

5. Proses sambung rekening selesai

Jika semua proses di atas berjalan dengan lancar dan tidak ada kesalahan, peserta akan menerima notifikasi berhasil sambung rekening dari LinkAja. Untuk memastikan, lihat kembali halaman utama akun Kartu Prakerja dan cek apakah rekening LinkAja telah tersambung. Akun LinkAja Full Service bisa menyimpan dana sampai Rp20 juta serta batas transaksi bulanan mencapai Rp40 juta.

 

Yuk jadikan LinkAja sebagai e-wallet andalan biar #Apa2Bisa saat ikut program Kartu Prakerja.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya