20 November 2020

Datamu Rahasiamu, Pastikan Selalu Menjaga Semuanya!

Sobat LinkAja pasti sudah tahu kalau menjaga privasi itu penting! Terapkan selalu dibenakmu kalau datamu dalah rahasiamu. Termasuk, menjaga semua data yang ada di akun LinkAja milikmu.

Di tengah semakin bebasnya orang-orang memberitahukan segala kegiatannya di ranah digital, bermunculan pula oknum yang memanfaatkan hal tersebut. Hal itu menjadi salah satu modus penipuan baru untuk mendapatkan data pribadi dan memanfaatkannya untuk melakukan tindakan melanggar hukum.

Berikut adalah beberapa metode penipuan yang sering terjadi dan pastikan tidak terjadi ke akun LinkAja-mu, ya!

  1. VOICE PHISING
    Voice Phising adalah metode penipuan yang dilakukan melalui telepon. Di mana penipu mengaku sebagai perwakilan LinkAja dan bisa jadi meminta data pribadimu dengan modus upgrade service.

    Perlu diingat: LinkAja tidak pernah menghubungi pengguna melalui telepon dan meminta data pribadi. Apalagi PIN dan OTP.

  2. EMAIL PHISING
    Email Phising adalah metode lain di mana penipu mengontak pengguna melalui email secara langsung. Contohnya mengiming-imingi penawaran khusus di mana user diarahkan mengisi data-data pribadi.

    Perlu diketahui: LinkAja tidak pernah meminta data-data pribadi customer! Baik PIN maupun OTP sebagai syarat hadiah.

  3. UBAH NOMOR PONSEL DAN EMAIL
    Beberapa penipu mencoba-coba masuk ke akun pengguna LinkAja dan melakukan penggantian nomor ponsel, serta email. Pun, hal itu dilakukan dengan cara coba-coba. Maka, jangan pernah memberitahukan nomor OTP jika ada yang menghubungi dan mengaku-ngaku sebagai pihak LinkAja.

    Catatan: Jika memang ingin mengubah nomor ponsel atau email, harap memberitahukan secara resmi melalui menu bantuan; email ke info@linkaja.id dan call center 150911.

  4. MEDIA SOSIAL PALSU
    Penipuan yang dalam era digital ini sering terjadi adalah akun media social palsu yang menggunakan logo, konten, serta nama LinkAja. Akun tersebut dibuat seolah-olah sebagai layanan pelanggan.

    Hati-hati! Janganlah memberitahukan data pribadimu ke akun media social palsu. Baik nama aslimu di LinkAja, PIN, maupun OTP.

LinkAja #LengkapnyaUntukSemua

 

Bagikan artikel ini :