FAQ LinkAja

Update: Cek Kode OTP Transaksi Merchant Pindah ke Inbox Aplikasi

Icon Calendar LinkAja15 Nov 2022

Image Artikel Update: Cek Kode OTP Transaksi Merchant Pindah ke Inbox Aplikasi LinkAja
Shutterstock

Buat Sobat LinkAja yang suka bertransaksi via merchant pakai LinkAja ada update terbaru tentang kode OTP transaksi. Sekarang kamu tidak perlu lagi cek SMS untuk menerima kode OTP transaksi karena kode OTP akan dikirimkan langsung ke notifikasi di Inbox aplikasi LinkAja kamu.

OTP ini adalah singkatan dari one time password yang berupa kode verifikasi berupa angka atau kombinasi angka-huruf yang terdiri dari 4 sampai 6 digit. Umumnya, OTP ini digunakan untuk proses autentikasi data saat kamu mengakses sebuah aplikasi atau melakukan transaksi secara online. OTP ini akan muncul setelah kamu memasukkan PIN pada saat melakukan konfirmasi transaksi.

FAQ Perpindahan OTP Transaksi Merchant ke Inbox Aplikasi

Untuk lebih jelasnya berikut adalah FAQ terkait perpindahan OTP Transaksi Merchant (Web Check Out) dari SMS ke Inbox Aplikasi.

Penjelasan Umum Migrasi OTP WCO

FAQ

Answer

Apa itu kode OTP, berikut kegunaannya dalam transaksi WCO (Web Check Out)?

Kode OTP (One Time Password) adalah kode verifikasi yang digunakan dalam bertransaksi pada halaman internet (browser) mitra LinkAja dalam rangka menggunakan metode pembayaran LinkAja.

Apa yang dimaksud dengan perpindahan/migrasi kode OTP transaksi WCO?

Perpindahan notifikasi kode OTP yang semula dikirimkan melalui SMS akan dikirimkan melalui notifikasi/pemberitahuan di inbox aplikasi LinkAja.

Mengapa terdapat perpindahan notifikasi kode OTP dari sms ke aplikasi LinkAja?

Perpindahan ini dilakukan sebagai bentuk efisiensi dalam pembayaran transaksi dengan aplikasi LinkAja, sehingga proses dapat diselesaikan dalam 1 layanan aplikasi (tidak perlu berpindah pada halaman lain seperti sms dan lainnya).

Perubahan apa yang akan dialami Pengguna atas perpindahan notifikasi kode OTP ini?

Pengguna akan menerima notifikasi hanya melalui aplikasi LinkAja, sehingga tidak dibutuhkan untuk berpindah ke halaman lain seperti sms atau email.

Bagaimana mekanisme/cara mendapatkan kode OTP untuk transaksi WCO LinkAja?

Pengguna LinkAja dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Memastikan bahwa akun LinkAja Pengguna dalam keadaan aktif.

2. Melakukan proses login pada aplikasi LinkAja. Jika belum login, maka halaman awal proses pembayaran akan otomatis mengarahkan untuk melakukan proses login.

3. Memastikan bahwa saldo LinkAja Pengguna mencukupi biaya transaksi yang dikenakan.

4. Setelah menyelesaikan proses login, Pengguna akan mendapatkan kode OTP di aplikasi LinkAja yang harus di input pada web partner dengan tepat dalam rentang waktu 50 detik.

5. Jika Pengguna memasukan kode OTP dengan tepat, maka proses pembayaran akan terselesaikan dan Pengguna dapat kembali ke halaman aplikasi mitra.

 

Potensi Kendala Migrasi OTP WCO

FAQ

Answer

Bagaimana jika terjadi kendala OTP error atau tidak bisa di-input pada halaman pembayaran?

Kendala otp error atau tidak valid biasanya disebabkan oleh error pada sistem LinkAja maupun mitra. Pengguna dapat mencoba kembali secara berkala, atau mencoba langkah-langkah sebagaimana tahapan sebagai berikut:

1. Pastikan sudah menggunakan versi terbaru dari Playstore atau Appstore.

2. Pengaturan tanggal & waktu menjadi otomatis. Jika pengaturan waktu sudah otomatis, maka silakan nonaktifkan dulu lalu aktifkan kembali.

3. Clear cache aplikasi LinkAja pada handphone.

Bagaimana jika akun LinkAja yang digunakan sedang dalam keadaan terblokir/suspend/tidak aktif?

Jika akun LinkAja yang digunakan oleh Pengguna mengalami pemblokiran, maka Pengguna dapat melakukan proses reset secara mandiri melalui aplikasi LinkAja, dengan langkah berikut:

1. Masuk ke aplikasi LinkAja.

2. Memilih tombol "Lupa PIN".

3. Memilih metode reset PIN yang tersedia.

4. Masukan kode verifikasi sesuai dengan metode yang dipilih.

5. Jika kode verifikasi yang dimasukan tepat, maka pin akan ter-unblock dan Pengguna dapat menggunakan aplikasi LinkAja seperti semula.

Jika akun LinkAja yang digunakan oleh Pengguna dalam keadaan tidak aktif (suspended) silakan hubungi pusat bantuan LinkAja melalui email di info@linkaja.id, call center 150911, atau layanan live-chat di www.linkaja.id.

Bagaimana jika Pengguna mengalami lupa PIN LinkAja dalam proses pembayaran?

Jika Pengguna LinkAja mengalami lupa PIN, maka dapat melakukan langkah-langkah yang sama dengan proses akun yang terblokir, seperti:

1. Masuk ke aplikasi LinkAja.

2. Memilih tombol "Lupa PIN".

3. Memilih metode reset PIN yang tersedia.

4. Masukan kode verifikasi sesuai dengan metode yang dipilih.

5. Jika kode verifikasi yang dimasukan tepat, maka pin akan ter-unblock dan Pengguna dapat menggunakan aplikasi LinkAja seperti semula.

Bagaimana jika terjadi kesalahan input kode OTP?

Pengguna diberikan 3x (tiga kali) kesempatan untuk melakukan input kode OTP pada aplikasi. Jika sudah mencapai batas 3x namun kode yang dimasukan tidak aktif, maka proses pemberitahuan kode OTP akan diberikan melalui SMS.

Pembayaran tidak akan bisa diselesaikan apabila Pengguna tidak menginput kode OTP yang benar, sesuai dengan notifikasi yang diberikan.

Apa yang terjadi jika Pengguna tidak melakukan input kode OTP sebelum batas waktu yang ditentukan?

Pengguna diberikan batas waktu untuk melakukan input kode OTP selama 50 detik. Jika Pengguna tidak melakukan proses input dengan benar hingga batas waktu yang tersedia, maka transaksi tidak dapat diselesaikan dan proses harus diulangi dari langkah pertama (permintaan kode OTP setelah login).

Apa yang akan terjadi jika saldo yang dimiliki Pengguna tidak mencukupi?

Jika saldo LinkAja yang dimiliki Pengguna tidak mencukupi, maka Pengguna LinkAja terlebih dahulu harus melakukan top-up atau pengisian saldo LinkAja. Top-up saldo LinkAja dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

1. Top-up melalui rekening bank (dapat dilakukan di ATM, aplikasi mobile banking masing-masing bank)

2. Mitra retail LinkAja (Alfamart, Indomaret, Alfamidi, Dan+Dan, Family Mart, dan Circle K) dengan kode token di aplikasi LinkAja.

3. Pengiriman saldo dari sesama akun LinkAja.

Yuk isi saldo LinkAja kamu sekarang karena transaksi kini semakin nyaman dan aman pakai LinkAja #Apa2Bisa!

Buat yang ingin mengetahui daftar merchant yang kode transaksi OTP-nya dikirimkan ke notifikasi di Inbox aplikasi LinkAja silakan unduh file di bawah ini.

1668480832-List Merchant atau Partner OTP di Inbox.pdf

Artikel Terkait

Kategori Lainnya