26 August 2020

Cara Mudah Memilih Pelatihan Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang telah dan sedang berlangsung selama satu tahun terakhir ini. Kartu Prakerja pertama kali disuarakan pada saat awal masa pandemi COVID-19 di Indonesia, untuk sedikit meredam keresahan masyarakat akan terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) serta usaha yang bangkrut akibat iklim bisnis yang melemah di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Kartu Prakerja memungkinkan penerimanya untuk memperoleh pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja sesuai bidang yang ia inginkan.

Berbagai lembaga pelatihan digandeng pemerintah untuk program ini seperti Skill Academy by Ruang Guru, Hacktiv8, Mau Belajar Apa serta G2 Academy. Ada baiknya sebelum memilih pelatihan, kamu tahu betul latar belakang lembaga ini seperti Hacktiv8 yang banyak mengeluarkan pelatihan khusus Teknologi Informasi (TI) atau Skill Academy yang banyak menawarkan pelatihan yang sifatnya praktikal. Berikut adalah cara mudah memilih pelatihan Kartu Prakerja:

  1. Buka situs resmi Skill Academy by Ruang Guru, Hacktiv8, Mau Belajar Apa atau G2 Academy

  1. Lihat judul pelatihan yang sekiranya menarik minat kamu

  1. Baca deskripsi pelatihan serta siapa orang yang mengisi pelatihan tersebut

  1. Jika kamu masih minat, kamu bisa melanjutkan mendaftar

  1. Biasanya untuk melanjutkan proses pendaftaran pelatihan, kamu akan diminta membuat akun

  1. Akun sebaiknya dibuat dengan nama asli dan email yang biasanya kamu pakai

  1. Nama asli pada akun biasanya akan digunakan untuk penamaan sertifikat yang akan diberikan saat kamu menyelesaikan pelatihan

  1. Pastikan kamu memilih pelatihan yang kamu minati dan bisa dipakai untuk karier kamu ke depan, mengingat ada jatah dan dana terbatas yang diberikan oleh Kartu Prakerja untuk mengakses pelatihan ini

Demikian tips yang dapat diberikan terkait cara mudah memilih pelatihan dalam program Kartu Prakerja. Semoga sukses dan bermanfaat!

Bagikan artikel ini :