01 October 2020

Cara Mudah Beli Tiket LRT Palembang yang Penting Diketahui

Bukan hanya ibu kota Jakarta saja yang punya ragam pilihan transportasi modern. Beberapa daerah di Indonesia juga sudah memilikinya, salah satunya di Palembang. Daerah yang terletak di Sumatera Selatan ini memiliki moda transportasi bernama Lintas Rel Terpadu atau Light Rail Transit (LRT).

Moda transportasi ini didesain sebagai angkutan cepat yang mampu menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Kompleks Olahraga Jakabaring.

Awalnya LRT ini dibuat sebagai moda transportasi untuk memudahkan perpindahan atlet maupun penonton pada acara akbar Asian Games, 18 Agustus hingga 2 September 2018 lalu.

Harga tiketnya pun tergolong murah. Harga tiket untuk antar stasiun di luar bandara hanya Rp 5.000 saja. Sementara perjalanan dari atau ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II cukup membayar Rp 10.000.

Cara Beli Tiket LRT Palembang

Sebelum membahas cara beli tiket LRT Palembang, perlu diketahui tiket LRT Palembang hanya bisa dipakai bagi satu arah perjalanan saja. Bila kamu ingin melakukan perjalanan pulang atau ke tempat lain yang masih dilewati LRT ini, perlu membeli tiket lagi. Cara beli tiket LRT Palembang sudah tidak bisa dilakukan secara tunai. Semua harus menggunakan non tunai.

  1. Cara beli tiket LRT Palembang bisa dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) perbankan yang sudah bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero), yakni Flazz (Bank BCA), TapCash (Bank BNI), BRIZZI (Bank BRI), e-Money (Bank Mandiri), dan BSB Cash (Bank Sumsel Babel). Bagi pengguna pertama KUE nantinya harus diaktivasi di loket stasiun-stasiun LRT supaya bisa terbaca di sistem gate ketika penumpang melakukan tap in. Kemudian tempelkan KUE langsung pada mesin tiket. Kamu akan memeroleh barcode dan menunggu di ruang tunggu.
  2. Membeli tiket terintegrasi LRT Palembang dari Damri dan Trans Musi
  3. Cara beli tiket LRT Palembang menggunakan aplikasi LinkAja. Ini merupakan kerjasama antara LinkAja dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku pengelola LRT Sumatera Selatan.

 

Baca Juga: Cara Naik MRT Bayarnya Menggunakan LinkAja

 

Cara beli tiket LRT Palembang LinkAja juga sangat mudah. Kamu hanya tinggal membuka aplikasi LinkAja, lalu goyangkan smartphone untuk menampilkan kode tiket pada layar smartphone. Kemudian scan kode tersebut yang ada di gerbang pembayaran, lalu gerbang akan terbuka secara otomatis.

Dengan pembelian tiket LRT menggunakan LinkAja bisa menjadi solusi untuk melakukan pembayaran nontunai di new normal seperti sekarang dan membuat transaksi jadi lebih cepat dan mengurangi kontak sehingga potensi penyebaran virus di kawasan stasiun bisa diminimalisir.

Sebanyak 13 stasiun LRT Sumatera Selatan sudah melayani pembelian tiket melalui aplikasi LinkAja. 13 Stasiun tersebut adalah Stasiun Bandara, Stasiun Asrama Haji, Stasiun Punti Kayu, Stasiun RSUD, Stasiun Garuda Dempo, Stasiun Demang, Stasiun Bumi Sriwijaya, Stasiun Dishub, Stasiun Cinde, Stasiun Ampera, Stasiun Polresta, Stasiun Jakabaring, hingga Stasiun DJKA.

Tidak hanya melayani pembelian tiket LRT Palembang, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi LinkAja untuk membayar tagihan telepon dan TV berlangganan, tagihan listrik atau beli token listrik, pembelian pulsa, pembayaran BPJS, kirim uang, donasi, serta bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bermitra dengan LinkAja.

Menariknya lagi menggunakan aplikasi LinkAja membuat kamu berkesempatan mendapatkan promo atau diskon agar kamu lebih berhemat. Segera unduh aplikasi LinkAja di Play Store bagi pengguna smartphone Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

Bagikan artikel ini :