Info

Cara Memasukkan Voucher Telkomsel untuk Mengisi Pulsa

Icon Calendar LinkAja5 Jun 2023

Image Artikel Cara Memasukkan Voucher Telkomsel untuk Mengisi Pulsa LinkAja
Shutterstock

Meskipun sudah bukan cara yang banyak dipilih penggunanya, Telkomsel masih menyediakan voucher fisik untuk isi ulang pulsa. Fungsi voucher fisik digunakan untuk menukar kode dengan nominal pulsa. Pembelian voucher fisik juga masih tersedia di counter pulsa atau minimarket.

Cara memasukan voucher Telkomsel juga bisa dilakukan sendiri setelah beli kode voucher Telkomsel dari gerai terdekat. Meskipun banyak pelanggan yang sudah beralih ke pengisian pulsa elektronik, cara mengisi voucher Telkomsel bisa digunakan untuk memberikan hadiah juga, loh!

Apa Itu Voucher Telkomsel?

Voucher Telkomsel adalah kartu yang dikeluarkan oleh provider Telkomsel dan berisikan kode nomor untuk mengisi pulsa. Isi voucher Telkomsel biasanya tertera pada kartu disertai masa aktifnya. Setiap voucher juga bisa digunakan setelah memasukkan nomor tersebut ke nomor yang diinginkan.

Berbeda dengan isi ulang voucher elektronik, kode voucher Telkomsel bisa digunakan oleh nomor manapun. Asalkan memiliki kartu dan memasukkan kodenya, isi voucher Telkomsel akan langsung aktif dan bisa digunakan. Untuk mengisi nomor Telkomsel, pastikan untuk beli voucher Telkomsel.

Cara mengaktifkan voucher Telkomsel tidak terikat oleh nomor telepon. Jadi, kamu tidak perlu salah mengisi pulsa untuk nomor orang lain. Asalkan nomor kode memasukkan voucher Telkomsel sudah benar, pulsa akan terisi dan bisa langsung dipakai berkomunikasi.

Cara Memasukkan Voucher Telkomsel 2023

Bagi yang baru pertama kali mendapatkan kode voucher Telkomsel atau lupa, cara mengaktifkan voucher Telkomsel bisa dilakukan melalui menu panggilan dan SMS. Cara mengaktifkan voucher Telkomsel bisa langsung dipakai setelah kode memasukkan voucher Telkomsel dengan salah satu cara berikut ini.

1. Cara Memasukkan Voucher Telkomsel Lewat USSD

Kamu tentu sudah familier dengan cara mengecek pulsa dari ponsel. Saat memasukkan kode dari menu telepon, kamu bisa mendapatkan informasi sisa pulsa. Protokol seperti ini disebut dengan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) yang bisa dimanfaatkan pengguna layanan komunikasi untuk mengirimkan informasi atau permintaan pada layanan operator telekomunikasi.

Nah, kamu juga bisa menggunakan USSD untuk isi voucher Telkomsel. Nomor USSD Telkomsel untuk memasukkan kode voucher bisa kamu lakukan dengan cara berikut ini.

  • Gosok hologram yang ada di permukaan kartu untuk melihat kode voucher Telkomsel
  • Buka menu telepon di ponsel
  • Masukkan 17 digit kode voucher yang tertera di balik hologram dengan format ini: Format: *131*kode voucher# Contoh: *131*12345678987654321#
  • Tekan “OK” dan tunggu beberapa saat hingga ada notifikasi pengisian pulsa
  • Jika sudah mendapatkan notifikasi berhasil, cek nominal pulsa yang sudah terisi di nomor kamu

2. Cara Memasukkan Voucher Telkomsel dengan Kode UMB

Saat ini Telkomsel tidak menyediakan cara memasukkan voucher Telkomsel lewat SMS. Namun, kamu bisa melakukan pengisian pulsa dari voucher dengan mengetik satu perintah seperti cara mengirim SMS. Berikut ini cara memasukan voucher Telkomsel dengan Kode UMB.

  • Cek voucher Telkomsel dan gosok hologram pada permukaan kartu untuk melihat kodenya
  • Masuk ke menu telepon, lalu tekan nomor *133#
  • Tunggu respons dari layanan operator, lalu ikuti perintah selanjutnya
  • Masukkan 17 digit kode voucher fisik atau 12 digit kode voucher elektronik
  • Tekan tombol “Reply” lalu lanjutkan dan tunggu notifikasi pengisian pulsa
  • Jika sudah mendapatkan notifikasi berhasil, cek nominal pulsa yang sudah berhasil terisi

3. Cara Memasukkan Voucher Telkomsel dari Menu Telepon

Telkomsel juga memiliki menu panggilan yang bisa digunakan untuk mengisi pulsa. Kamu bisa mengikuti perintah dari mesin operator otomatis untuk melakukan pengisian pulsa. Berikut ini cara memasukan voucher Telkomsel fisik lewat menu telepon:

  • Cara cek voucher Telkomsel juga bisa dipastikan dari masa aktif dan nominal sesuai kebutuhan 
  • Gosok hologram yang ada di permukaan kartu untuk cek voucher Telkomsel
  • Jika sudah sesuai dengan nominal yang dibeli, 
  • Tekan nomor 888 dari menu telepon, lalu tekan tombol panggil
  • Ikuti perintah dari mesin penjawab dan ikuti langkah-langkah selanjutnya
  • Masukkan nomor kode voucher dengan benar, 17 digit kode voucher fisik atau 12 digit kode voucher elektronik
  • Jika sudah memasukkan kode voucher Telkomsel dengan benar, tunggu notifikasi pengisian pulsa
  • Periksa ulang dengan melakukan melakukan pengecekan pulsa untuk cek voucher Telkomsel sudah berhasil masuk dan bisa digunakan

Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa cara memasukan voucher Telkomsel untuk isi pulsa. Baik voucher fisik maupun elektronik bisa dimasukkan kodenya dengan langkah-langkah yang sama. 

 

Pastikan untuk cek voucher Telkomsel masih dalam periode masa berlaku yang aktif dan sesuai untuk regional tempat kamu berada. Cara mengaktifkan voucher Telkomsel bisa dilakukan dengan cara memasukkan kode voucher Telkomsel yang benar ke HP kamu.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya