Info

Cara Praktis Isi BBM dari MyPertamina Pakai LinkAja, Ada Promo Cashback 50%

Icon Calendar LinkAja19 Sep 2022

Image Artikel Cara Praktis Isi BBM dari MyPertamina Pakai LinkAja, Ada Promo Cashback 50% LinkAja
Sumber foto: mypertamina.id

Transaksi nontunai sudah jadi pilihan praktis untuk berbagai jenis pembayaran. Mulai dari belanja bulanan, pembayaran tagihan, hingga pembelian bahan bakar minyak (BBM). Perubahan transaksi tunai ke nontunai juga memberikan banyak keuntungan seperti voucher, poin, dan sebagainya.

Saat ini, pembelian BBM juga sudah bisa dilakukan dari aplikasi MyPertamina, loh! Untuk melakukan transaksi, kamu bisa langsung install aplikasinya di smartphone. Salah satu kemudahan pembayaran di aplikasi MyPertamina juga bisa dilakukan dengan menghubungkan aplikasi ke akun LinkAja.

Apa Itu Aplikasi MyPertamina?

Aplikasi MyPertamina adalah aplikasi yang bisa digunakan oleh pengguna kendaraan untuk melakukan pembelian BBM yang aman dan nyaman. Penggunaan aplikasi MyPertamina berlaku bagi para pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk pengguna kendaraan roda dua, pastikan untuk menjaga jarak 1,5 meter saat bertransaksi. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi MyPertamina. Selain praktis dengan metode pembayaran nontunai, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan berikut ini.

  • Meminimalisasi kontak fisik dengan petugas SPBU.
  • Pembayaran bisa dilakukan dengan jumlah yang sesuai tanpa selisih uang kembalian.
  • Banyak keuntungan untuk dapat voucher dan merchandise dari pengumpulan poin.

Syarat dan Cara Daftar BBM Subsidi MyPertamina

Untuk menghadirkan subsidi BBM yang tepat sasaran, Pemerintah bekerja sama dengan MyPertamina untuk pendistribusian subsidi BBM ini. Oleh karena itu, untuk para pengguna baru dan yang termasuk ke dalam golongan penerima subsidi BBM perlu untuk segera mendaftar agar kendaraan yang digunakan bisa mendapatkan subsidi yang tepat sasaran ini.

Berdasarkan informasi dari subsiditepat.MyPertamina.id, berikut adalah syarat dan langkah-langkah pendaftaran pengguna baru:

  • Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, STNK, foto kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Buka situs resmi di https://subsiditepat.mypertamina.id/
  • Centah terlebih dahulu informasi persyaratannya.
  • Klik "Daftar Sekarang."
  • Ikuti beberapa langkah instruksi yang diberikan di dalam website tersebut.
  • Tunggu proses pencocokan dan verifikasi data (maksimal 14 hari kerja dan informasi akan dikirimkan melalui email yang telah didaftarkan atau bisa dilakukan cek berkala di website tersebut).
  • Jika validasi data telah selesai, unduh QR Code yang tersedia dan simpan untuk melakukan transaksi di SPBU Pertamina.

Dalam penyaluran BBM bersubsidi ini ada aturan tentang siapa saja yang berhak mendapatkannya. Saat ini, Pemerintah telah mengatur segmen pengguna Solar bersubsidi yang bisa dilihat di sini. Sementara itu, untuk segmen konsumen pengguna Pertalite masih dalam proses penerbitan revisi Perpres No. 191 tahun 2014.

Cara Menghubungkan MyPertamina dengan LinkAja

Aplikasi MyPertamina sudah bisa dioperasikan untuk melakukan transaksi pembelian BBM dengan pembayaran nontunai. Agar dapat melakukan pembayaran menggunakan akun LinkAja atau LinkAja Syariah, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan kamu sudah install aplikasi LinkAja dan MyPertamina.
  • Masuk ke aplikasi MyPertamina kamu, lalu temukan tombol “Aktifkan” pada menu akun LinkAja di halaman utama.
  • Bagi yang sudah membuat akun LinkAja, lanjutkan dengan menekan tombol “Sudah.”
  • Jika belum membuat akun, kamu akan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Jika sudah memiliki akun, kamu akan diarahkan ke halaman aktivasi.
  • Masukkan PIN LinkAja di halaman aktivasi (pastikan untuk menjaga kerahasiaan PIN).
  • Untuk langkah verifikasi, akan ada kode yang dikirimkan melalui nomor telepon yang terdaftar.
  • Masukkan kode verifikasi yang akan kamu terima melalui SMS.
  • Jika kode verifikasi sudah benar, akan muncul notifikasi berhasil dan kamu bisa langsung menggunakan LinkAja sebagai metode pembayaran.

Cara Bayar BBM Pakai LinkAja dari Aplikasi MyPertamina

Jika sudah berhasil menghubungkan aplikasi MyPertamina dengan metode pembayaran LinkAja, kamu bisa melakukan transaksi dengan aman. Meskipun tidak punya uang tunai, kamu bisa langsung topup saldo. Nah, berikut inilah cara bayar pembelian BBM pakai LinkAja dari MyPertamina.

1. Lakukan pengisian BBM pada operator, pastikan untuk memadamkan kendaraan terlebih dahulu

2. Minta QR code pembayaran dari operator SPBU Pertamina yang bertugas

3. Buka aplikasi MyPertamina dan pilih menu “Bayar”

4. Scan QR code dengan mengarahkan kamera smartphone ke mesin EDC di SPBU

5. Lakukan konfirmasi pembelian dan pastikan saldo akun LinkAja kamu cukup

6. Periksa kembali detail pembayaran yang akan kamu lakukan, lalu klik tombol “Bayar”

7. Masukkan PIN akun LinkAja, tunggu sesaat hingga muncul notifikasi pembayaran berhasil dan muncul bukti pembayaran di aplikasi

Nah, itulah cara bayar BBM pakai LinkAja atau LinkAja Syariah lewat aplikasi MyPertamina. Nah, pada periode 19 September s.d. 2 Oktober 2022, para pengguna LinkAja bisa menikmati promo berupa cashback 50% (max. Rp5.000 berupa saldo bonus balance untuk 1x/user/periode) untuk setiap pembelian BBM Pertamax Series & Dex Series menggunakan MyPertamina bayar pakai LinkAja. Promo ini tersedia terbatas dan berlaku di seluruh SPBU Pertamina. Cek info lebih lengkapnya di sini.

Pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN saat memilih metode pembayaran LinkAja atau LinkAja Syariah. Kamu juga bisa mengecek daftar SPBU yang sudah bisa menggunakan aplikasi MyPertamina di website resmi LinkAja.

Kalau sudah menggunakan LinkAja sebagai dompet digital, semua pembelian bisa kamu lakukan dengan praktis dan nyaman. Tidak perlu repot lagi dengan uang kembalian atau lupa bawa uang tunai. Makin banyak transaksi pakai LinkAja dari aplikasi MyPertamina, makin banyak promo menarik yang bisa kamu dapatkan!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya