Info

Cara dan Manfaat Tarik Tunai Tanpa Kartu Pakai LinkAja

Icon Calendar LinkAja3 Nov 2022

Image Artikel Cara dan Manfaat Tarik Tunai Tanpa Kartu Pakai LinkAja LinkAja
doc. LinkAja

Seiring dengan perkembangan teknologi, industri finansial pun terus melakukan inovasi dalam layanannya agar memudahkan segala macam kebutuhan penggunanya. Inovasi ini pun tercipta sebagai jawaban atas tantangan untuk hidup lebih praktis. Salah satu inovasi yang tercipta untuk menjadi solusi adalah tarik tunai tanpa menggunakan kartu di ATM atau dikenal dengan istilah cardless withdrawal

LinkAja sebagai salah satu e-wallet terdepan juga telah memiliki fitur cardless withdrawal yang bisa digunakan oleh user-nya. Lewat fitur ini para pengguna Full Service LinkAja bisa melakukan transaksi tarik tunai saldo LinkAja di semua ATM Himbara (BNI, Bank Mandiri, BRI, dan BTN) tanpa menggunakan kartu ATM.

Cara Melakukan Tarik Tunai (Cardless Withdrawal) LinkAja via ATM Himbara

Transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM menggunakan LinkAja sangat mudah dan aman untuk dilakukan. Perlu diketahui, untuk bisa melakukan transaksi ini, user akan melewati dua langkah. Langkah pertama adalah mendapatkan nomor token khusus untuk kode penarikan di ATM, berikut adalah caranya:

  • Buka aplikasi LinkAja dan klik Semua
  • Pilih menu tarik saldo
  • Pilih menu tarik tunai di ATM
  • Pilih nominal tarik tunai yang diinginkan
  • Cek informasi yang diberikan dan klik konfirmasi
  • Masukan nomor PIN LinkAja
  • Kode unik penarikan tunai berhasil dibuat  (Kode unik penarikan tunai hanya berlaku selama 5 menit)

Setelah mendapat Kode Penarikan, lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk menarik tunai saldo LinkAja di mesin ATM:

  • Datang ke ATM Himbara (Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BRI) terdekat dan klik tombol ATM
  • Tekan ‘Soft Key’ (tombol warna hijau atau tombol yang berada di kanan bawah sebelah layar ATM)
  • Pilih ‘Tarik Tunai LinkAja’
  • Masukkan nomor handphone yang kamu daftarkan di akun LinkAja
  • Masukkan ‘Kode Penarikan Tunai LinkAja’
  • ATM akan mengeluarkan uang tunai dan struk ATM sebagai bukti transaksi

Kelebihan Tarik Tunai Tanpa Kartu

Inovasi ini tentunya muncul dengan kelebihan-kelebihan yang membuatnya berbeda dengan metode penarikan pada umumnya. Berikut adalah penjelasan tentang kelebihan-kelebihan fitur tarik tunai tanpa kartu pakai LinkAja:

1. Lebih mudah dilakukan

Dalam cardless transaction, kamu hanya memerlukan smartphone untuk melakukannya. Jadi, lupakan betapa repotnya mengeluarkan kartu ATM dari dalam dompet dan menaruhnya kembali setelah selesai menarik uang. Cukup buka smartphone, dapatkan kode penarikan, dan uang bisa diambil dengan proses yang cepat, aman, nyaman, dan praktis. 

2. Terhindar dari kehilangan kartu ATM

Permasalahan klasik yang akan selalu menjadi ancaman bagi para pengguna tarik tunai menggunakan kartu ATM. Kehilangan kartu saat tarik tunai ini secara umum bisa disebabkan dua hal, yaitu ketinggalan di mesin ATM atau malah tertelan mesin ATM (tidak bisa dikeluarkan dari mesin). Dua kejadian ini tentunya bisa langsung teratasi dengan menggunakan cardless transaction saat melakukan tarik tunai. 

3. Terhindar dari kejahatan di mesin ATM

Meskipun terlihat aman karena berada di lingkungan yang aman dan ada kamera CCTV, sebetulnya tetap ada ancaman tersenyembunyi saat bertransaksi menggunakan kartu ATM saat tarik tunai. Salah satunya adalah skimming kartu ATM karena lubang kartunya telah dipasangi sebuah alat yang bisa meng-copy data sebuah kartu ATM. 

Hal ini memang telah diatasi dengan menambahkan chip pada kartu ATM terbaru. Namun, cardless transaction tetap menjadi solusi terbaik untuk mengatasi ancaman seperti ini.

4. Transaksi lebih cepat

Mesin ATM yang ada saat ini masih membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses transaksi dengan menggunakan kartu debit karena ada langkah identifikasi kartu terlebih dahulu sebelum berhasil melakukan transaksi. Hal ini tentunya tidak akan dialami saat melakukan tarik tunai dengan metode cardless transaction. Kamu bisa menghemat waktu sekitar 1 - 2 menit untuk proses transaksi ini. 

5. Keamanan data tabungan lebih terjaga

Cardless transaction akan menjaga data-data tabungan menjadi lebih aman lagi karena data tersebut tersimpan baik dalam smartphone pengguna. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Transaksi Tarik Tunai Tanpa Kartu

Fitur cardless withdrawal ini memang hadir untuk memudah penggunanya, tapi tetap ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kamu menggunakannya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Perhatikan nominal uang yang tersedia

Mesin ATM yang tersedia di Indonesia saat ini rata-rata hanya menyediakan dua nominal uang saja, yaitu Rp50.000 dan Rp100.000. Dalam kondisi tertentu, bahkan hanya tersedia satu nominal saja karena biasanya nominal Rp50.000 lebih cepat habisnya. Jadi, sebelum kamu mendapatkan kode transaksi, pastikan nominal yang tersedia di mesin ATM bisa memenuhi permintaan penarikan uang yang dilakukan. Jika kamu ingin menarik Rp250.000 padahal nominal yang tersedia hanya Rp100.000 tentu saja transaksi ini tidak bisa dilakukan. 

2.  Batas waktu kode penarikan

Perlu diingat, kode penarikan yang dibuat unik ini memiliki batas waktu penggunaan. Batas waktu ini digunakan agar transaksi tetap aman dan terjaga dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan baik-baik batas waktu ditetapkan oleh masing-masing aplikasi. Biasanya batas waktu ini bervariasi, mulai dari 5 menit sampai 15 menit. Untuk kode penarikan dari aplikasi LinkAja hanya memiliki batas waktu selama 5 menit saja. 

3. BIaya penarikan

Dalam setiap transaksi tarik tunai tanpa kartu pakai LinkAja via ATM Himbara akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per transaksinya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu juga memperhatikan jumlah saldo yang ada di akun LinkAja kamu sebelum melakukan transaksi cardless withdrawal ini.

 

Itulah cara dan keuntungan transaksi tarik tunai tanpa kartu pakai LinkAja via ATM Himbara. Sangat mudah dan praktis kan? Yuk isi saldo LinkAja kamu sekarang untuk bisa melakukan beragam transaki untuk menunjang aktivitas kamu sehari-hari.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya