Info

Cara Bayar BPJS Kesehatan Pakai LinkAja

Icon Calendar LinkAja1 Jan 2023

Image Artikel Cara Bayar BPJS Kesehatan Pakai LinkAja LinkAja

Halo sobat LinkAja!

Program BPJS Kesehatan merupakan program asuransi kesehatan yang dirancang oleh Pemerintah untuk bisa digunakan oleh seluruh warga negara untuk menjamin kesehatan para pesertanya. Untuk iuran bulanannya pun sangat terjangkau dan bisa dibayarkan melalui berbagai macam cara. Salah satunya adalah LinkAja.

Nah, buat kamu para pengguna LinkAja yang ingin membayar iuran BPJS Kesehatan secara rutin, yuk simak cara-caranya di bawah ini. 

Cara Bayar BPJS Kesehatan Pakai LinkAja

LinkAja hadir sebagai dompet digital yang bisa memenuhi kebutuhan penggunanya untuk aktivitas sehari-hari. Berikut adalah cara bayar BPJS Kesehatan melalui aplikasi LinkAja:

  • Buka aplikasi LinkAja
  • Klik 'BPJS" pada halaman awal aplikasi
  • Klik 'BPJS Kesehatan"
  • Masukkan nomor virtual account Anda dan masukan jumlah bulan
  • Klik 'Lanjut'
  • Periksa jumlah tagihan yang harus dibayar & Pilih metode pembayaran LinkAja
  • Klik 'Konfirmasi'
  • Klik 'Bayar'
  • Proses bayar iuran selesai

Sekilas tentang Program BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, yang merupakan lembaga pemerintah Indonesia yang bertugas menyelenggarakan jaminan sosial kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. BPJS Kesehatan dibentuk melalui Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan.

BPJS Kesehatan terdiri dari dua program, yaitu Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Program Jaminan Kesehatan Keluarga (JKK). Program JKN merupakan program jaminan sosial kesehatan yang ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia, sedangkan Program JKK merupakan program jaminan sosial kesehatan yang ditujukan untuk keluarga dengan anggota keluarga tidak lebih dari lima orang.

Untuk dapat menjadi peserta BPJS Kesehatan, seseorang harus terdaftar sebagai peserta terdaftar (PT) dan membayar premi yang telah ditentukan. Premi tersebut dibayarkan secara berkala sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan. Selain itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan fasilitas penjaminan bagi peserta yang tidak mampu membayar premi dengan memberikan bantuan premi bagi peserta yang tergolong dalam kelompok miskin atau kurang mampu.

BPJS Kesehatan bekerja sama dengan berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya untuk menyediakan pelayanan kesehatan bagi pesertanya. BPJS Kesehatan juga menyediakan pelayanan kesehatan melalui program layanan kesehatan melalui telepon (Telehealth) yang dapat diakses oleh pesertanya.

BPJS Kesehatan merupakan salah satu program jaminan sosial kesehatan yang penting bagi masyarakat Indonesia, karena dapat meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu membayar pelayanan kesehatan secara langsung. Selain itu, BPJS Kesehatan juga dapat mengurangi beban keuangan bagi masyarakat yang mengalami masalah kesehatan dan membutuhkan pelayanan kesehatan yang cukup mahal.

 

Itu cara bayar BPJS Kesehatan dan sekilas info tentang program BPJS Kesehatan. Yuk isi saldo LinkAja kamu sekarang agar bisa #Apa2Bisa pakai LinkAja!


Artikel Terkait

Kategori Lainnya