Info

Apa Bedanya QRIS Dinamis dan QRIS Statis? Cari Tahu Cara Bayar QRIS Dinamis pakai LinkAja!

Icon Calendar LinkAja1 Agt 2022

Image Artikel Apa Bedanya QRIS Dinamis dan QRIS Statis? Cari Tahu Cara Bayar QRIS Dinamis pakai LinkAja! LinkAja

Berkat adanya QR Code Indonesian Standard (QRIS) dari Bank Indonesia, semua transaksi non tunai jadi lebih mudah, ya? Sobat LinkAja pasti sudah sering kan, bertransaksi QRIS pakai LinkAja? Semua transaksi jadi makin cepat dan praktis! 

 

Tapi, mungkin ada Sobat LinkAja yang bingung saat melihat ada beragam tampilan QRIS yang berbeda. Misalnya ada kode QRIS yang berupa gambar cetak berukuran besar, ada juga QRIS yang tertera pada struk dan ditampilkan pada layar. Ini karena ada beberapa jenis QRIS yang bisa digunakan untuk pembayaran, Sobat LinkAja.  

 

Yuk, cari tahu tentang dua jenis QRIS MPM (Merchant Presented Mode)! Ada QRIS MPM Dinamis dan QRIS MPM Statis. Apa bedanya QRIS Dinamis dan QRIS Statis ini? 

 

QRIS Dinamis dan QRIS Statis 

Baik QRIS Dinamis dan QRIS Statis, keduanya sama-sama diberikan oleh merchant (penjual) pada pelanggan (pembeli) dan sama-sama bisa di-scan menggunakan LinkAja. 

 

Sobat LinkAja mungkin sudah familiar dengan tampilan kode QRIS berlatar warna putih yang biasanya dipajang di meja kasir, bukan? Ini adalah QRIS Statis. 

 

QRIS Statis merupakan satu kode QR yang sudah disediakan merchant atau penjual. Penjual yang menggunakan QRIS Statis hanya menggunakan satu kode QRIS saja untuk beragam transaksi pelanggan. 

 

Jika melakukan pembayaran dengan QRIS Statis, pembeli melakukan scan menggunakan aplikasi pembayaran seperti LinkAja dan memasukkan sendiri nominal transaksinya. Untuk lebih jelasnya, yuk tonton videonya di sini ya.

 

Sedangkan, QRIS Dinamis biasanya kita lihat pada struk transaksi, atau ditampilkan di layar mesin EDC atau POS milik merchant atau penjual. 

 

QRIS Dinamis ini dibuat berbeda untuk setiap transaksi pelanggan, sehingga QRIS Dinamis hanya bisa dipakai untuk satu kali transaksi saja. Jika melakukan pembayaran dengan QRIS Dinamis, biasanya nominal pembayaran sudah dimasukkan oleh penjual, sehingga pembeli tidak perlu memasukkan nominal transaksi di aplikasi pembayaran. Agar lebih paham apa itu QRIS Dinamis, Sobat LinkAja bisa tonton videonya di sini, loh!

 

Cara Bayar QRIS Dinamis pakai LinkAja 

Berikut langkah-langkah pembayaran QRIS Dinamis pakai aplikasi LinkAja (atau kamu juga bisa nonton video cara bayarnya di sini):

  1. Merchant atau penjual memasukkan nominal transaksimu pada mesin EDC atau POS

  2. Merchant menunjukkan kode QRIS yang muncul pada struk atau layar mesin EDC atau POS

  3. Buka aplikasi LinkAja-mu, klik ikon QR atau Bayar

  4. Arahkan hp ke struk atau layar untuk scan kode QRIS

  5. Pastikan nominal transaksi dari penjual sudah sesuai, lalu masukkan PIN LinkAja-mu

  6. Saat transaksi berhasil, penjual akan mendapatkan notifikasi

  7. Silakan ambil produk yang kamu beli

Pembayaran QRIS Dinamis pakai LinkAja ini bisa digunakan di berbagai merchant, loh! Mulai dari transaksi di merchant makanan seperti J.CO Donuts, Solaria, Hokben, Chatime, dan KFC;  transaksi di Gramedia, Timezone, dan XXI Café & Studio; hingga transaksi kebutuhan transportasi seperti beli tiket kereta KAI atau bayar TransJakarta, MRT, LRT, dan moda transportasi lainnya. 

 

Pake LinkAja, makin pede buat bayar QRIS apa aja! Mau QRIS Statis atau QRIS dinamis, semua bisa! Yuk, coba transaksi QRIS pakai LinkAja sekarang!

 


Artikel Terkait

Kategori Lainnya