10 December 2020

Akan Melakukan Pembatalan Tiket Kereta Api? Berikut Cara dan Ketentuan yang Perlu Diperhatikan

Kereta api telah menjadi salah satu transportasi yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Selain nyaman, harga tiket moda transportasi yang satu ini juga cukup terjangkau. Seiring berjalannya waktu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga terus melakukan perbaikan sistem untuk dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Salah satu perubahan yang dilakukan adalah dengan memperbaiki layanan penjualan tiket kereta api secara online, yaitu melalui KAI Access. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengantre. Cukup dengan memiliki jaringan internet, kamu bisa melakukan pembelian kapan dan di mana saja, hanya dalam hitungan menit.

Namun, jangan salah! Selain melakukan pembelian tiket kereta api secara online, aplikasi KAI Access juga memudahkan kamu untuk melakukan perubahan nomor kursi, memilih waktu keberangkatan, bahkan pembatalan tiket kereta api.

Untuk melakukan pemesanan tiket kereta api sendiri, PT KAI Indonesia memberikan banyak pilihan channel yang bisa digunakan, salah satunya dengan aplikasi LinkAja. Kerjasama yang dilakukan PT KAI dan LinkAja hadir untuk memudahkan penumpang dalam pembelian tiket secara praktis.

Nah, bagi kamu yang ingin melakukan pembelian tiket kereta api melalui aplikasi LinkAja, yuk, simak panduan mudahnya berikut ini!

  1. Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi KAI Access di smartphone
  2. Tentukan stasiun keberangkatan, tanggal, dan kota yang akan dituju
  3. Bila sudah muncul nominal harga tiket yang perlu dibayar, kemudian beralih ke pembayaran
  4. Pilih bayar menggunakan metode LinkAja
  5. Masukkan nomor smartphone dan PIN LinkAja kamu. Lalu masukkan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS
  6. Terakhir, bakal ada pemberitahuan pembayaran sudah berhasil dari KAI Access

Mudah sekali, ‘kan?

Baca juga: Transaksi Dengan LinkAja, Bisa Pakai PayLater

Terdapat dua jenis pembatalan tiket kereta api, yaitu pembatalan tiket karena perjalanan kereta api dibatalkan dan juga pembatalan tiket kereta api atas keinginan calon penumpang untuk KA yang masih dijalankan.

Apabila kamu ingin melakukan pembatalan tiket kereta api atas keinginan sendiri, berikut cara pembatalan tiket kereta api secara online  yang perlu diperhatikan:

  1. Buka aplikasi KAI Access
  2. Pilih menu My Trips dan masukkan kode booking tiket yang ingin dibatalkan
  3. Pilih menu E-Ticket dan klik tombol Pembatalan
  4. Setelahnya, masukkan nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket kereta api
  5. Setelah membaca syarat dan ketentuan, konfirmasi pembatalan tiket kereta api dengan klik tombol Yakin
  6. Pengembalian dana tiket kereta api akan dibayarkan secara 100% ke nomor rekening terdaftar dalam kurun waktu 30 hari

Setelah pembatalan tiket kereta api berhasil dilakukan, jangan lupa untuk periksa notifikasi pada halaman riwayat untuk mengetahui statusnya, ya.  Sangat praktis dan mudah, bukan?

Melakukan pembelian ataupun pembatalan tiket kereta api kini bisa dilakukan dengan nyaman tanpa harus melalui antrean panjang di kios ataupun stasiun. Selain itu, banyak promo menarik yang bisa kamu dapatkan apabila melakukan pembelian tiket kereta api menggunakan aplikasi KAI Access dan melakukan pembayaran dengan LinkAja, seperti promo Cashback yang berlaku di bulan November 2020!

Yuk, manfaatkan promo spesial di berbagai transaksi dengan total hemat sampai Rp800 ribuan hanya di aplikasi LinkAja! Untuk syarat & ketentuan lebih detail, kunjungi halaman promo di aplikasi LinkAja atau ke laman linkaja.id/promo.

Jadi, tunggu apalagi? Segera download dan instal aplikasi LinkAja di smartphonemu, baik di Play Store untuk pengguna Android maupun App Store bagi pengguna iPhone!

Bagikan artikel ini :