Saat ini fitur yang terdapat di dalam layanan LinkAja adalah layanan yang bisa memudahkan untuk beli pulsa & data, bayar merchant dengan Stiker NFC LinkAja/snap kode QR dan token, bayar tagihan, beli voucher game, kirim donasi, kirim uang ke sesama pengguna LinkAja dan masih banyak lagi.
Aplikasi LinkAja bisa diunduh di Apple App Store & Google Play Store. Aplikasi LinkAja hanya bisa digunakan oleh perangkat Android dengan versi minimal 5.0 (Lollipop) dan iOS versi 9.0. Aplikasi LinkAja tidak bisa digunakan oleh perangkat rooted / unlocked device.
Kamu tidak akan dikenakan biaya saat download aplikasi LinkAja. Namun selayaknya aplikasi online, kamu akan dikenakan biaya data untuk penggunaan aplikasi LinkAja, dan kamu baru akan dikenakan biaya pada saat transaksi LinkAja sesuai dengan tarif biaya transaksi LinkAja.
Perpindahan ke LinkAja itu dilakukan untuk menyinergikan layanan keuangan elektronik dari beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
LinkAja sendiri adalah layanan atau produk uang elektronik sinergi layanan keuangan elektronik milik PT Telekomunikasi Selular (“Telkomsel”) dengan merek TCASH, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., dengan merek E-Cash, PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. dengan merek UnikQu, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dengan merek T-Bank menjadi satu produk uang elektronik yang diterbitkan dan dioperasikan oleh PT. Fintek Karya Nusantara (Finarya).
Sinergi TCASH dengan layanan uang elektronik yang diterbitkan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menghadirkan layanan yang lebih lengkap dan lebih baik. LinkAja membuka peluang transaksi keuangan digital yang lebih luas dengan bersatunya sumber daya yang dimiliki BUMN.
Pelanggan TCASH dapat menjadi Pelanggan LinkAja dengan cara sebagai berikut:
Selama masa perpindahan layanan, demi kenyamanan Pelanggan dan komitmen kami terhadap pemenuhan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kami mungkin akan memintakan persetujuan Pelanggan kembali apabila Pelanggan melakukan transaksi melalui saluran transaksi berbeda yang tersedia pada LinkAja baik melalui aplikasi, TAP (NFC Stiker), USSD, layanan pembayaran online melalui aplikasi merchant, atau layanan pembayaran langsung di aplikasi merchant transportasi. Data atas persetujuan Pelanggan melalui transaksi menggunakan LinkAja tersebut akan kami simpan dan akan kami perlakukan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.
Tidak perlu. Pelanggan hanya perlu melakukan update aplikasi TCASH menjadi aplikasi LinkAja di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS). Akun TCASH Pelanggan akan secara otomatis berpindah menjadi akun LinkAja bersamaan dengan update aplikasi TCASH menjadi LinkAja yang tersedia.
Apabila nomor kamu terdaftar sebagai pembayaran langsung di aplikasi mitra atau Transaksi TAP menggunakan NFC Sticker, maka Transaksi pertamamu akan menjadi persetujuan pengguna dan secara otomatis kamu akan berpindah dari TCASH ke LinkAja.
Cara transaksi akan tetap sama. Semua fitur transaksi yang tersedia pada layanan TCASH, seperti melakukan pembayaran; pembelian online melalui menu dalam layanan TCASH, transfer saldo antar akun dan ke bank lain melalui jaringan ATM bersama, akan tetap tersedia pada layanan LinkAja.
Pastikan semua transaksi dilakukan melalui aplikasi LinkAja. Kini juga, pelanggan bisa memilih menggunakan fitur reguler atau fitur Layanan Syariah.
Pelanggan dapat melakukan transaksi langsung dengan menggunakan saluran transaksi TAP (NFC Stiker), USSD, layanan pembayaran online melalui aplikasi merchant, serta layanan pembayaran langsung di aplikasi merchant transportasi. Dengan melanjutkan transaksi tersebut maka Pelanggan menyatakan diri setuju untuk melakukan perpindahan dari TCASH ke LinkAja.
Jika Pelanggan tidak bersedia menjadi Pelanggan LinkAja, maka Pelanggan dapat menutup akunnya di GraPARI Telkomsel terdekat. Jika terdapat sisa saldo TCASH, maka Pelanggan dapat melakukan penarikan saldo di Grapari Telkomsel terdekat dengan membawa kartu identitas resmi berfoto serta Handphone yang berisi nomor akun TCASH yang aktif dan dapat menerima notifikasi.
Jenis Layanan
i |
Saldo Maksimal |
Rp 2.000.000,00 |
ii |
Nilai Maksimal Transaksi untuk dana yang bersifat masuk |
Rp 20.000.000,00 per bulan |
iii |
Nilai Minimal Saldo Mengendap |
Tidak ada minimum saldo |
i |
Saldo Maksimal |
Rp 10.000.000,00 |
ii |
Nilai Maksimal Transaksi untuk dana yang bersifat masuk |
Rp 20.000.000,00 per bulan |
iii |
Nilai Maksimal Transfer |
10.000.000,00 atau selama saldo mencukupi |
iv |
Nilai Minimal Transfer |
Rp. 100,00 (ke sesama LinkAja) Rp. 10.000,00 (melalui online antar bank) |
v |
Nilai Minimal saldo mengendap |
Tidak ada minimum saldo |
a. |
Penggantian Media (Stiker NFC) |
Rp. 5.000,00 |
b. |
Setor Tunai (Cash In) |
|
c. |
Tarik Tunai (Cash Out) |
|
d. |
Transfer Dana |
|
Biaya dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan dengan kesepakatan antara Finarya dengan pihak lain yang bekerja sama dengan Finarya.
LinkAja memberikan berbagai solusi untuk transaksi nontunai-mu. Dengan mudah, kamu bisa bayar merchant favoritmu dengan berbagai promo, beli pulsa dengan harga terbaik, bayar tagihan, belanja online tanpa kartu kredit, kirim uang, dan masih banyak lagi! LinkAja bikin hidupmu #BeresTanpaCash
Pelanggan bisa ganti PIN jika masih ingat PIN lamanya. Pelanggan dapat mengganti PIN melalui aplikasi LinkAja. Berikut caranya:
Untuk pelanggan yang lupa PIN lama, bisa membuat PIN baru melalui aplikasi LinkAja. Berikut caranya:
Aktivasi akun LinkAja bisa melalui aplikasi LinkAja dengan langkah-langkah sebagai berikut:
LinkAja menawarkan beberapa layanan utama, yaitu:
Layanan LinkAja terbagi menjadi dua yaitu: LinkAja Basic Service dan LinkAja Full Service. Untuk mendapatkan layanan full service LinkAja, semua pelanggan dapat melakukan eKYC melalui aplikasi LinkAja atau verifikasi data di GraPARI terdekat dengan membawa kartu identitas asli (KTP / Passport).
LinkAja Full Service memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Basic Service. Perbedaan kedua layanan bisa dilihat disini.
Kamu dapat mengunjungi GraPARI terdekat, modern retail (Alfa Group dan Indomaret) dan Mitra LinkAja lainnya yang sudah menjadi channel tarik tunai LinkAja. Selain itu, kamu juga dapat melakukan kirim uang ke rekening bank Himbara dan rekening bank yang tergabung dalam ATM Bersama.
Kamu bisa ajukan pemblokiran akun LinkAja kamu melalui call center 150911 dengan menggunakan kode area (021,022, dst). Contoh: (021150911) dan berlaku untuk semua operator telekomunikasi di Indonesia (dikenakan tarif local sesuai dengan operator masing-masing)
Kemudian kamu bisa kunjungi GraPARI (khusus pelanggan Telkomsel) atau kantor layanan Operator Seluler lainnya untuk mengajukan penggantian SIM Card baru (sesuai peraturan yang berlaku di Operator Selular masing-masing).
Apabila SIM card sudah berhasil aktif maka kamu dapat mengajukan buka blokir akun LinkAja melalui call center atau GraPARI
Untuk mengisi saldo LinkAja, kamu dapat melakukannya melalui:
Cara lengkapnya bisa di cek disini
Kamu tidak perlu memiliki rekening di bank untuk menjadi pelanggan LinkAja. Semua Operator Seluler di Indonesia bisa menjadi pelanggan LinkAja dengan melakukan pendaftaran di aplikasi LinkAja.
Namun untuk memanfaatkan fitur maksimal, seperti pemilik rekening Bank; transfer uang atau tarik tunai di ATM Himpunan Bank Negara (Bank BTN, BNI, Bank Mandiri, BNI), kamu harus mengubah jenis akun dari Basic Service menjadi Full Service. Info detail: linkaja.id/fullservice
Ada, saldo maksimal pada untuk pelanggan LinkAja dengan tipe basic service adalah sebesar Rp 2.000.000 dan Rp 10.000.000 untuk pelanggan dengan tipe full service.
Kamu bisa cek promo LinkAja dengan berbagai merchant yang sedang bekerja sama dengan LinkAja di halaman promo.
Fitur kirim uang bebas biaya untuk pengiriman ke sesama pengguna LinkAja, untuk pengiriman ke rekening bank dengan jaringan ATM bersama dikenakan biaya Rp 6.500,-.Kirim uang adalah fitur dari LinkAja yang memungkinkan kamu mengirimkan saldo dari akun LinkAja kamu ke akun LinkAja lainnya maupun transfer saldo ke rekening bank.
Maksimal dan minimal Kirim Uang ke sesama Akun LinkAja adalah sebagai berikut:
Maksimal dan minimal Kirim Uang ke Rekening Bank: