22 March 2021

Untuk Kamu yang Wajib Pajak, Pahami Cara Lapor SPT Tahunan Berikut Ini!

Setiap tahunnya, masyarakat yang masuk ke dalam kategori Wajib Pajak (baik pribadi maupun badan) harus melakukan pelaporan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) sebagai salah satu syarat administrasi perpajakan yang berlaku di negara Indonesia.

Untuk saat ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk lapor SPT tahunan. Lalu, bagaimana cara lapor SPT tahunan yang tepat? Simak penjelasannya berikut ini!

Penyampaian Langsung ke KPP

Cara lapor SPT tahunan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan penyampaian secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dengan membawa formulir SPT tahunan yang sudah kamu isi beserta dokumen-dokumen pendukung lainnya. Seluruh dokumen tersebut nantinya harus kamu serahkan kepada petugas pajak di Kantor Pelayanan Pajak. Setelah itu, kamu akan mendapatkan tanda terima lapor SPT tahunan untuk disimpan.

Lapor SPT Tahunan Melalui Pos Tercatat

Cara lapor SPT berikut ini tidak jauh berbeda dengan pelaporan pajak secara langsung kepada Kantor Pelayanan Pajak, yaitu sama-sama mengharuskan Wajib Pajak untuk mencetak formulir SPT yang telah diisi secara lengkap. Hanya saja, pelaporan pos tercatat ini dilakukan melalui pos, jasa kurir dan ekspedisi yang disertai oleh resi pengiriman.

Formulir dan dokumen pelengkap harus dikirimkan dalam amplop tertutup yang telah ditempelkan informasi berisi:

  • Nama lengkap Wajib Pajak
  • NPWP
  • Status SPT tahunan (nihil/kurang bayar/lebih bayar)
  • Tahun Pajak terkait
  • Jenis SPT (SPT tahunan normal/pembetulan)
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Pernyataan
  • Tanda tangan Wajib Pajak

Formulir SPT tahunan kemudian dikirimkan ke alamat Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar. Kemudian, jangan lupa untuk menyimpan bukti pengiriman atau tanda terima sebagai bukti lapor SPT tahunan Kamu!

Lapor SPT Tahunan Secara Online

Berikutnya, cara lapor SPT tahunan yang bisa Kamu lakukan adalah melalui sistem online. Cara lapor SPT tahunan ini tentu saja lebih praktis jika dibandingkan melakukan pelaporan secara langsung atau melalui pos tercatat.

Cara lapor SPT tahunan secara online ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi e-Filling atau e-Form yang telah disediakan DJP pada laman resmi: www.djponline.pajak.go.id. Laman resmi ini bisa kamu akses kapan dan di mana saja, selama sudah terhubung dengan jaringan internet.

Tentu saja lapor SPT tahunan dengan cara online ini masih memerlukan informasi yang sama dengan pelaporan secara manual. Perbedaannya adalah kamu diwajibkan sudah memiliki EFIN (Electronic Filing Identification Number) di KPP terdaftar.

Aktivasi EFIN ini hanya perlu dilakukan satu kali, jika sudah, maka nomor EFIN tersebut yang akan selalu kamu gunakan ketika melakukan administrasi online melalui aplikasi DJP.

Nah, ingin melakukan pelaporan SPT tahunan secara online? Berikut cara lengkapnya:

1. Siapkan Formulir SPT Tahunan yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan pelaporan melalui e-Filling, jangan lupa untuk menyiapkan formulir yang dibutuhkan;

  • Formulir 1770 S

Digunakan Wajib Pajak Orang pribadi yang sumber penghasilannya diperoleh dari satu atau lebih pemberi kerja, seperti PNS, Anggota TNI dan Polri, atau pejabat negara lainnya.

  • Formulir 1770 SS

Digunakan oleh WP Orang Pribadi yang memiliki penghasilan selain dari usaha atau pekerjaan bebas dengan jumlah pendapatan kotor tidak lebih dari Rp 60 juta setahun.

2. Siapkan Bukti Potong Pajak

Sebelum melakukan pengisian e-Filling, pastikan kamu sudah memiliki bukti potong pajak dari perusahaan tempat kamu bekerja, ya! Jika belum, segeralah minta ke perusahaan sebelum masa pelaporan SPT tahunan berakhir.

3. Aktivasi EFIN dan Pendaftaran Akun DJP Online

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu diharuskan sudah memiliki EFIN untuk melakukan e-Filling dan akun pada DJP Online. Jika kamu belum memilikinya, segera kunjungi KPP terdekat dan isi formulir aktivasi EFIN.

4. Pengisian Formulir SPT Tahunan

Ketika sudah melakukan hal-hal di atas, maka hal yang harus kamu lakukan berikutnya adalah pelaporan. Kamu bisa melakukannya melalui smartphone maupun laptop/komputer. Adapun langkah-langkah yang harus ditempuh, yakni:

  • Buka laman www. djponline.pajak.go.id/
  • Masukkan NPWP, password, kode keamanan, klik 'login'
  • Pilih layanan 'e-Filling', kemudian klik 'Buat SPT'
  • Jawab halaman pertanyaan yang muncul di layar, kemudian klik 'SPT 1770 SS' (atau sesuai dengan SPT yang ingin kamu laporkan)
  • Isi data tahun pajak dan status SPT
  • Pada halaman ringkasan, Kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang selanjutnya harus kamu kirim ke email atau nomor handphone
  • Masukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia, klik 'kirim SPT'
  • Kamu akan mendapatkan bukti lapor SPT melalui email

Baca juga: Cara Sambung Akun LinkAja dengan Prakerja

Itulah tadi penjelasan seputar cara lapor SPT tahunan yang bisa kamu lakukan. Selain melakukan lapor SPT tahunan, jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan/pembayaran kendaraan bermotormu, ya!

Nah, hingga kini telah tersedia berbagai layanan online yang disiapkan oleh pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran atau pelaporan pajak. Salah satu aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor adalah LinkAja.

LinkAja adalah salah satu layanan uang elektronik yang sangat  memudahkan berbagai transaksi nontunai. Mudah sekali, ya! Tunggu apa lagi? Langsung aja unduh aplikasi LinkAja di Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS sekarang juga!

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :