22 February 2021

Siap-siap! Program Kartu Prakerja 2021 Hadir Kembali

Presiden Republik Indonesia melalui Perpres Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja, menetapkan Pelaksanaan Program Kartu Prakerja dalam rangka perluasan kesempatan kerja, peningkatan produktivitas, dan daya saing bagi Angkatan kerja dan pengembangan potensi kerja. Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjelaskan, pendaftaran Program Kartu Prakerja di tahun 2020, Gelombang 11, mendata jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 5,6 juta peserta.

Informasi mengenai program Kartu Prakerja menjadi yang cukup dicari karena kebutuhan masyarakat yang mendesak akan perubahan khususnya dalam hal finansial dan karier yang mana sejalan dengan tujuan program Kartu Prakerja, di mana penerima manfaat dapat menerima bantuan finansial sekaligus mendapat pelatihan untuk menunjang karier. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai serangkaian informasi program Kartu Prakerja meliputi kapan program Kartu Prakerja dibuka kembali, apa saja yang perlu dipersiapkan serta siapa saja yang berhak menerima program Kartu Prakerja. Yuk disimak!

Kapan program Kartu Prakerja dibuka kembali?

Pada tahun 2021, pendaftaran program Kartu Prakerja akan dibuka kembali. Jadwal pasti mengenai pendaftaran program Kartu Prakerja belum ada dan masih dalam tahap pembahasan.  Sama seperti tahun 2020, fokus target penerima program Kartu Prakerja di tahun 2021 kemungkinan masih menyasar masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan atau mata pencahariannya terdampak COVID-19. Tata cara serta persyaratan program Kartu Prakerja kemungkinan besar akan relatif sama dengan apa yang sudah ada saat ini. Hal ini dapat dilihat di laman resmi situs Kartu Prakerja yaitu prakerja.go.id.

Siapa saja yang berhak menerima Kartu Prakerja?

Siapapun dengan kriteria yang disebutkan di laman resmi situs Kartu Prakerja, dapat menerima manfaat program Kartu Prakerja. Adapun kriteria penerima Kartu Prakerja antara lain: 1) Warga Negara Indonesia (WNI), 2) Berusia minimal 18 Tahun, 3) Sedang tidak menempuh pendidikan formal. Setelah resmi diterima sebagai penerima manfaat program Kartu Prakerja, kamu sebaiknya memanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena program pelatihan yang tersedia sangatlah banyak dan berguna untuk karier serta masa depanmu.

Apa saja yang perlu dipersiapkan ?

Pendaftaran program Kartu Prakerja dapat dilakukan secara online. Adapun yang perlu dipersiapkan adalah dokumen berupa data diri yang perlu kamu masukkan ke dalam formulir online serta perlu diunggah seperti nama lengkap, alamat email, KTP, nomor telepon dan lain-lain. Kamu juga akan diminta melakukan verifikasi dua arah melalui Kode OTP yang akan dikirimkan ke HP-mu. Untuk itu pastikan data yang diisi jujur, benar dan lengkap. Berhasil atau tidaknya pendaftaranmu, akan kamu peroleh informasinya lewat email resmi yang dikirimkan penyelenggara program Kartu Prakerja. Untuk dapat mencairkan insentif Kartu Prakerja, kamu juga perlu melakukan sambung rekening atau e-wallet. Kamu dapat menyambungkan akun LinkAja untuk mencairkan insentif Kartu Prakerja.

LinkAja sebagai salah satu mitra pembayaran resmi insentif Kartu Prakerja juga bermitra dengan sejumlah lembaga penyedia pelatihan online yang menjadi mitra Kartu Prakerja seperti Tokopedia, Bukalapak, Pijar Mahir dan Sekolahmu. Dengan memilih LinkAja sebagai mitra pembayaran resmi insentif Kartu Prakerja, kamu dapat memenuhi berbagai kebutuhan seperti bayar tagihan, beli pulsa data, belanja di pasar dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat menyimpan dana hingga Rp10 Juta hingga melakukan transaksi Kirim Uang atau Transfer tanpa biaya ke rekening Bank Himbara (BNI, BRI, BTN dan Mandiri) dengan maksimal transaksi harian Rp2 Juta.

Baca juga: Cara Sambung Akun LinkAja dengan Prakerja

Kartu Prakerja

Bagikan artikel ini :