Info

Program Kartu Prakerja 2022 Gelombang 29 Telah Dibuka!

Icon Calendar LinkAja15 Mei 2022

Image Artikel Program Kartu Prakerja 2022 Gelombang 29 Telah Dibuka! LinkAja
Sumber: Shutterstock

Pengembangan diri bagi angkatan kerja di Indonesia kini lebih potensial untuk ditingkatkan dengan adanya Program Kartu Prakerja. Sejak pembukaan gelombang pertama pada 2020, peminat Program Kartu Prakerja makin tinggi. Kesempatan yang tersedia bagi para peserta juga merata karena program dilakukan secara online.

 

Tidak terbatas lokasi, semua warga negara Indonesia bisa mendaftarkan diri dan ikut dalam proses seleksi. Para peserta akan diberikan bantuan biaya untuk mengikuti program pengembangan diri melalui Mitra Platform Digital serta mendapatkan insentif setelah menyelesaikan durasi program.

 

Kapan Prakerja 2022 Dibuka?

 

Program Kartu Prakterja 2022 Gelombang 29 telah dibuka pada 15 Mei  2022. Menurut info yang dilansir dari berbagai sumber, proses seleksi peserta gelombang 29 bisa langsung diakses melalui website www.prakerja.go.id. Semua informasi akan disampaikan pada peserta lewat email atau nomor HP.

 

Calon peserta sudah bisa mendaftarkan diri mulai 15 Mei 2022 di website Kartu Prakerja. Calon peserta bisa membuat akun agar dapat mempercepat proses seleksi. Nantinya, informasi resmi pembukaan program akan muncul di akun Instagram @prakerja.go.id.

 

Para calon peserta juga bisa mendapatkan update informasi lanjutan untuk dapat mengetahui pembukaan gelombang program lain sepanjang tahun 2022. Target penerima Kartu Prakterja sepanjang 2022 ditargetkan mencapai 3 – 4,5 juta peserta.

 

Baca juga: 5 Tips dan Trik Lolos Kartu Prakerja 2022

 

Rangkaian Program Kartu Prakerja 2022 untuk Peserta

 

Ada beberapa tahapan program yang akan muncul saat kamu mencoba bergabung menjadi peserta Kartu Prakerja. Rangkaian program masih sama dengan tahap-tahap di gelombang sebelumnya. Tak hanya pendaftaran dan seleksi, berikut ini 7 tahap yang menjadi rangkaian Program Kartu Pekerja.

 

1. Pendaftaran peserta

 

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tahap pendaftaran peserta menjadi langkah awal yang bisa dilakukan terlebih dahulu. Sederhananya, tahap pendaftaran ini merupakan proses administrasi dan akan digunakan untuk seleksi pertama. Jika kamu sudah memenuhi persyaratan sebagai peserta pelatihan yang akan menerima insentif, proses pendaftaran akan dilanjutkan ke tahap seleksi.

 

Meskipun hanya persyaratan adiministrasi, kamu harus melengkapi data dengan benar, ya. Jangan sampai melewatkan pengisian data atau bahkan salah pengetikan. Hal ini bisa berdampak pada kesalahan proses screening yang bahkan bisa mengakibatkan kamu tidak memenuhi syarat.

 

2. Seleksi penerima Kartu Prakerja

 

Saat sudah mendaftarkan diri, calon peserta akan mengikuti tahap seleksi berupa tes motivasi dan kemampuan dasar. Tahapan tes akan dilaksanakan secara online dengan estimasi waktu penyelesaian selama 15 menit.

 

Peserta yang sudah selesai mengisi tes akan mendapatkan email pemberitahuan sebagai bukti untuk dapat bergabung ke gelombang pendaftaran yang tersedia. Setelah itu, kamu bisa cek kelulusan seleksi kartu Prakerja melalui dashboard secara berkala.

 

3. Pemilihan pelatihan dari mitra

 

Saat lolos dari proses seleksi, kamu akan mendapat notifikasi dari dashboard Prakerja. Kamu juga akan diminta menonton video pengelanan program dan mendapatkan saldo. Saldo tersebut bisa langsung digunakan untuk ikut serta dalam pelatihan yang bisa diikuti dari Mitra Platform Digital resmi dari Prakerja.

 

4. Penyelesaian pelatihan digital

 

Peserta yang mengikuti program Kartu Prakerja harus menyelesaikan pelatihan jika ingin mendapatkan insentif. Selain mendapatkan insentif sebagai modal kerja, peserta juga akan mendapatkan tambahan skill baru disertai sertifikat. Hal ini bisa menjadi bukti pengembangan kemampuan agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan kerja.

 

5. Penilaian bagi mitra pelatihan

 

Selain mendapatkan sertifikat dari penyelesaian pelatihan, kamu juga akan diminta untuk menilai Mitra Platfrom Digital. Kamu bisa memberikan rating dan ulasan atas pelatihan yang sudah kamu ikuti. Hal ini akan sangat membantu peserta di gelombang selanjutnya untuk memilih program, loh!

 

6. Pencairan insentif pelatihan

 

Nah, peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan bisa menyambungkan rekening atau dompet digital (e-wallet) untuk mendapatkan insentif. Insentif akan diberikan secara bertahap selama 4 bulan berturut-turut dengan jumlah Rp600.000 setiap bulannya. Ingat, insentif ini hanya akan diterima oleh peserta yang sudah mengikuti program pelatihan hingga selesai, ya.

 

7. Pengisian survey evaluasi

 

Selain insentif pelatihan, kamu juga akan mendapatkan insentif dari survey program Kartu Prakerja. Hal ini merupakan evaluasi yang diselenggarakan untuk dapat terus memperbaiki penyelenggaraan progam di gelombang selanjutnya. Ada tiga survey yang akan diminta untuk diisi oleh masing-masing peserta. Setiap survey yang sudah diisi akan diberi insentif sebesar Rp50.000.

 

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai program Kartu Prakerja yang harus diperhatikan. Untuk mendapatkan kemudahan dalam menggunakan insentif, kamu juga bisa menggunakan akun LinkAja. LinkAja menjadi salah satu mitra pembayaran resmi insentif Kartu Prakerja.

 

Baca juga: Cara Mengatasi Kendala yang Sering Terjadi pada Kartu Prakerja di LinkAja

 

 

Saat ini, LinkAja juga sudah bekerja sama dengan sejumlah mitra pelatihan online sebagai mitra pembayaran resmi. Tak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan Kartu Prakerja, nantinya kamu juga bisa tetap menggunakan LinkAja untuk melakukan berbagai transaksi dengan lebih mudah serta transfer bebas biaya ke rekening Bank Himbara (BNI, BRI, BTN, dan Mandiri).

 

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan LinkAja Syariah sebagai rekening tempat menyimpan dana insentif Kartu Prakerja. LinkAja Syariah menawarkan sebuah layanan e-wallet yang mengedepankan nilai-nilai syariat Islam sehingga kamu pun bisa lebih nyaman bertransaksi secara non-tunai dan jauh dari praktik riba.


Artikel Terkait

Kategori Lainnya